130 Warga Dari Berbagai Unsur Kelembagaan Desa Mendapat Sosialisasi Covid-19

Reportase.tv Banyumas – Sosialisasi pencegahan virus Corona Diseas 19 ( Covid19) Gencar dilakukan. Salah satunya di Gelar di Aula Desa Klapagading Kulon Kecamatan Wangon Minggu (22/03/2020) Malam.

Sebanyak 130 warga dari berbagai unsur kelembagaan yang ada di Desa Klapagading Kulon, Kecamatan Wangon, . menghadiri

Hal ini merupakan tindak lanjut himbauan Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein tanggal 20 Maret 2020 lalu agar masyarakat mendapatkan informasi dan pencegahan yang jelas mengenai virus mematikan ini, selain itu juga membangun kesadaran masyarakat tentang pencegahan penularan virus corona.

Kepala desa Klapagading Kulon, Karsono merasa bersyukur masih dalam sehat, sehingga masih satu hati seger waras. Saling bergerak untuk bersama sama melakukan pencegahan.

Seluruh warga yang menghadiri satu pet satu diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas dari Puskesmas dengan menggunakan Rapid Test Safety, kemudian diberikan masker yang telah disiapkan.

Kades menghimbau untuk tidak melaksanakan kegiatan yang mengundang massa. Ketika ada warga yang pulang dari rantau wajib melaporkan pada dinkes melalui Puskesmas.

“Namun jangan perlu ketakutan yang berlebihan, namun tetap waspada, diusahakan para ketua RT bisa menghimbau melalui pengeras suara yang telah disiapkan Pemdes dan karena situasi, warga harap memaklumi,” katanya.

Sementara Dinkes melalui Petugas Puskesmas, Marno menyampaikan untuk tidak melakukan kerumunan yang terlalu lama karena dikhawatirkan ada yang membawa virus.

Dalam hal pemakaian masker efektif selama 4 jam. “Jika harus dipakai lebih dari itu, alangkah baiknya dicuci dengan sabun dan di air yang mengalir,” katanya.

Tri Hartini warga Klapagading Kulon yang kebetulan hadir dalam sosialisasi tersebut mengaku mendapat informasi lebih sehingga pencegahan sedini mungkin bisa dilakukan dalam keluarganya. “Sangat bermanfaat, karena mengingatkan kembali untuk menjalankan pola hidup bersih,” katanya. (Kus)