41 Orang Gila Di Kabupaten Tangerang, Dievakuasi Ke Bogor

Reportase.tv Tangerang – Puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di evakuasi Pemerintah Kabupaten Tangerang ke Rumah Sakit DR H Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor.

Mochamad Bachtiar selaku Kasie Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mengatakan, evakuasi dilakukan agar  mereka mendapatkan pengobatan jiwa secara tepat.

“Yang kita layani itu biasanya orang dengan gangguan jiwa berat, jadi memang kasus ini di masyarakat sudah timbul gejala berat baru nanti ditemukan. Untuk perawatannya di RSMM itu satu bulan, dia (ODGJ) akan dikembalikan ke kita itu biasanya ada perubahan dan kita kembalikan ke keluarganya,” jelasnya. Jumat (23/8/2019).

Sementara itu, untuk biaya pengobatan para ODGJ tersebut murni dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tangerang, melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), tambahnya.

“Keluarga dapat memanfaatkan pelayanan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).” kata Bachtiar.

Selain itu, guna mengatasi para ODGJ, bachtiar menegaskan, harus bekerja sama dengan berbagai pihak, baik pemerintah, aparat dan keluarga agar tidak terkendala serta tepat penanganannya.

“Jadi sebenarnya untuk pelayanan kesehatan jiwa ini memang unik, terkadang ada gangguan fisik atau dia mengganggu orang lain, itu harus bersama-sama mengevakuasinya kalau ngamuk,” ujarnya.

Bachtiar melanjutkan, evakuasi ODGJ tersebut sudah dilakukan sebanyak empat kali berturut-turut, dengan tujuan Kabupaten Tangerang bebas pasung.

“Sesuai dengan amanat Undang-undang, kita harus memberikan pelayanan kesehatan jiwa terhadap ODGJ, tidak boleh ditelantarkan, sehingga masyarakat dan keluarga juga aman,” pungkasnya. (Mad sutisna).