50 Anak di Banjarnegara Ikuti Sunatan Massal

Puluhan anak di Kabupaten Banjarnegara mengikuti Sunatan Massal.(foto/ahr)

 

Reportase.tv,id,Banjarnegara – Sebanyak 50 anak mengikuti kegiatan khitan massal yang digelar Pemkab Banjarnegara, Jawa Tengah, di Gedung Korpri Banjarnegara, Kamis (29/9/2022).

“Kegiatan ini ditujukan untuk membantu warga yang membutuhkan, khususnya warga yang memiliki anak atau remaja yang belum dikhitan,” kata Asisten Sekda Bidang Kesra Tursiman saat memberikan sambutan pada acara pembukaan sunatan massal.

Sebelum kegiatan khitan massal tersebut digelar, pihaknya terlebih dahulu menyosialisasikan kepada masyarakat melalui media sosial, Kecsmatan hingga desa.

“Alhamdulillah meski tidak terlalu dalam mensosialisasikan, namun bisa terkumpul 50 anak untuk dikhitan,” lanjutnya.

Tursiman menambahkan, Khitan massal merupakan bagian dari program pemkab Banjarnegara khususnya bagan kesra Setda Banjarnegara  yang diselenggarakan setiap tahun.

“Setiap anak yang dikhitan mendapatkan bingkisan berupa seperangkat baju muslim, sarung,

Lebij Jauh Tursiman mengatakan,  khitan merupakan salah satu bagian dari syariat agama Islam yang wajib dilaksanakan bagi kaum laki-laki Muslim.

Dalam hal ini, fungsi khitan dari sisi agama adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

“Selamat kepada anak-anak semua, semoga setelah dikhitan semakin sehat dan saleh. Khitan juga penting bagi kesehatan karena membuang bagian tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan,” katanya.(ahr13)