Akhirnya Walikota Binjai Punya Wakil Walikota

Suasana pemilihan Wakil Walikota Binjai oleh anggota DPRD Binjai di Gedung Dewan, Jalan Tengku Amir Hamzah
Suasana pemilihan Wakil Walikota Binjai oleh anggota DPRD Binjai di Gedung Dewan, Jalan Tengku Amir Hamzah

Reportase.tv Binjai – H Rizky Yunanda Sitepu akhirnya terpilih menjadi Wakil Walikota Binjai 2021 – 2024. Terpilihnya Rizky mendampingi Walikota Binjai H Amir Hamzah, setelah melalui rapat paripurna pemilihan yang dilakukan anggota seluruh anggota DPRD Binjai, di Gedung Dewan, Jalan Tengku Amir Hamzah, Rabu (21/7/2021).

“Anggota Dewan yang hadir dalam pemilihan ini berdasarkan absen ada 30 dan satu yang absen dalam pemilihan kali ini,” ucap Ketua Panitia Pemilih, Boniran mengatakan, sebanyak 30 Anggota DPRD, hanya satu yang tidak hadir.

Pantauan di gedung dewan pemilihan tersebut tampak ramai dan ketika memilih anggota dewan yang memegang surat suara akan dipanggil berdasarkan absen.

Dalam pemilihan ini, H Rizky Yunanda Sitepu memperoleh nomor urut 1, sedangkan H Hamdani Syahputra memperoleh nomor urut 2.” Suara yang sah adalah yang mencoblos didalam lingkaran sesuai nomor pilihan,” ungkap Boniran.

Dalam pencoblosan ini, H Noor Sri Syah Alam Putra ST, dari fraksi Golkar, yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Binjai, dipercaya menjadi pemilih pertama dalam pencoblosan Pemilihan Wakil Walikota Binjai, masa jabatan 2021-2024.

“Bismillahirrahmannirrahim,” ucap H Noor Sri Syah Alam Putra, sembari menuju bilik pencoblosan suara.

Usai H Noor Sri Syah Alam Putra, selanjutnya Ahmad Azra’i dari fraksi Gerindra dan disusul H Syarief Sitepu dari fraksi PDI-P, yang melakukan pencoblosan selanjutnya, disusul anggota DPRD Binjai lainnya.

Pantauan awak media dilokasi, sejumlah saksi terus mengawasi jalannya pencoblosan. Sementara, para pemilih satu persatu melakukan pencoblosan di bilik suara yang telah disiapkan.

Sementara itu, nama H Rizky Yunanda Sitepu unggul dibandingkan kandidat lainnya, yaitu H Hamdani Syahputra.

“Sudah pasti Partai Golkar, Partai Demokrat dan PPP, mengusung Rizky. Ketiga Parpol itu merupakan pengusung pada Pilkada Binjai 2020 lalu. Artinya sudah mengantongi 11 kursi dari jumlah 30 anggota DPRD Binjai,” ungkap salah seorang DPRD Binjai Ucok Aang dari Partai Golkar.

Tidak hanya itu, sebelum dilakukan penetapan, Parpol lainnya seperti PKS dan Gerindra Binjai, juga tersiar kabar akan mendukung H Rizky Yunanda Sitepu.

“Mohon doanya ya. Semoga terpilih,” ucap H Rizky Yunanda Sitepu, saat baru tiba di Gedung DPRD Binjai.

Hingga Pukul 14.43 Wib, suasana di Gedung DPRD Kota Binjai terlihat sudah ramai walau Rapat Paripurna belum dilaksanakan.

26 Anggota DPRD Pilih H Rizky Yunanda Sitepu

Penghitungan suara pemilihan Wakil Walikota Binjai masa jabatan 2021-2024, yang diisi oleh dua orang kandidat, yaitu H Rizky Yunanda Sitepu dan H Hamdani Syahputra, dimulai tepat pada Pukul 16.05 Wib.

Disaksikan oleh beberapa orang saksi, kegiatan yang digelar digedung DPRD Binjai, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Rabu (21/7) ini juga disaksikan oleh Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP.

Akhirnya, dari total jumlah suara yang ada, kandidat dengan nomor urut 1 H Rizky Yunanda Sitepu, sah menjadi pemenang dalam pemilihan Wakil Walikota Binjai, masa jabatan 2021-2024.

Dari jumlah total 29 suara, nomor urut 1 (H Rizky Yunanda Sitepu-red) memperoleh 26 suara, sedangkan nomor urut 2 (H Hamdani Syahputra-red) memperoleh 2 suara. “Sedangkan 1 suara dinyatakan abstain,” ungkap moderator pemilihan.

Dengan jumlah tersebut, H Rizky Yunanda Sitepu “SAH” menjadi pemenang dalam pemilihan Wakil Walikota Binjai, masa jabatan 2021-2024. (van)