Aksi Koboi Pengemudi Lamborghini di Kemang, dan Fakta Soal Hewan Dilindungi hingga Plat Palsu

Reportase.tv, Jakarta – Polisi telah menangkap AM, pengemudi mobil Lamborghini, yang menodongkan senjata api ke dua remaja berinisial I dan A di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Senjata dan mobil mewah milik pelaku diketahui memiliki surat yang sah.

Kasat Reskrim Polres Jaksel Kompol Andi Sinjaya mengatakan, pihaknya telah melakukan penggeledahan di rumah tersangka di kawasan Pejaten Barat, Pasar Minggu, Kamis (26/12) pagi. Dari hasil penggeledahan, ditemukan beberapa peluru jenis berbeda.

Selain itu, polisi juga menemukan koleksi satwa yang dilindungi yang telah diawetkan. Diantaranya kepala rusa jenis bawean, burung cenderawasih, buaya muara, dan harimau sumatera.

“Kita temukan berbagai jenis hewat diawetkan di kediaman tersangka. Kami akan mendalami untuk dugaan tindak pidana menyimpan satwa dilindungi di rumah tersangka,” ujar Andi saat dikonfirmasi, Kamis (26/12).

Alhasil kemungkinan tersangka akan dijerat pasal baru, yakni kasus hewan langka dijerat dengan Pasal 40 (2) jo Pasal 21 (2) huruf b dan dengan kasus satwa yang dilindungi dalam keadaan mati.

Terpisah, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan, saat pihaknya melakukan pengecekan plat mobil B 27 AYR milik pelaku tak terdaftar. Kendati demikian, mobil tersebut memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang sah.

“Plat yang digunakan saat kecelakaan bukan pelat yang aslinya, tapi mobil memiliki surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang terdaftar di Polri,” kata Fahri.

Fahri menjelaskan, pihaknya belum mengetahui motif pelaku menggunakan plat palsu di mobil mewahnya itu. Penyidik masih mendalami kasus tersebut sampai saat ini.

“Ini masih di dalami oleh penyidik,” katanya.