Aksi Penjaga Laut Bersihkan Sampah

PROBOLINGGO – Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai ( KPLP ), Kelas II Tanjung Perak Surabaya bersama Kantor Syahbandar Ootoritas Pelabuhan ( KSOP ), Klas IV Probolinggo, melakukan aksi bersih-bersih sampah di dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kamis (21/02/2019).

Dengan menggunakan 4 unit speed boat, petugas langsung memunguti satu persatu sampah yang mengapung di atas air laut dermaga pelabuhan setempat.

Sejumlah sampah diangkut ke atas kapal, dalam aksi bersih-bersih kali ini. Seperti sampah plastik, kaleng, styrofoam hingga kondom bekas pakai.

Sedikitnya sekitar setengah ton sampah, berhasil dikumpulkan oleh petugas dalam aksi bersih-bersih ini.

Kasubditsarpras, Direktorat KPLP Dirjen Perhubungan Laut, F Zulistian mengatakan, aksi bersih-bersih sampah kali ini merupakan bagian dari program pemerintah, dalam menurunkan persentase pencemaran lingkungan yang ditargetkan berlangsung hingga 2025 mendatang.

“Harapannya melalui aksi kali ini, masyarat dan nelayan sekitar bisa ikut menjaga lingkungan utamanya kebersihan pantai dan laut,”ujar Zulistian.

Sementara Kepala KSOP Klas IV Probolinggo, Subuh Fakurrohman menyampaikan, jika jumlah nelayan kecil dibawah 7 GT saat ini bertambah. Bertambah nelayan kapal kecil itu, berasal dari KSOP Klas V Pasuruan yang telah merger dengan KSOP Klas IV Probolinggo.

Subuh menargetkan, tahun ini sertfikasi atau pemberian legalitas bagi nelayan kapal kecil sekitar 800 nelayan, dari total 1.610 nelayan.

“Jadi wilayah kerja KSOP Klas IV saat ini total ada di 7 Titik, yakni 5 titik di Pantai Utara Pasuruan – Probolinggo dan 2 titik lainnya di wilayah Pantai Selatan meliputi Pantai Sendang Biru Malang dan Prigi Trenggalek,”jelasnya.

Selain melakukan aksi bersih – bersih dermaga, petugas juga memberikan sekitar 202 life jacket, bagi para nelayan yang ada di Probolinggo. (Phan)