Antisipasi Covid-19, Kepala Kemenag Indramayu perpanjang WFH Hingga 21 April 2020

Kantor Kemenag Indramayu Jawa Barat. (Foto/ Isk)

Reportase.tv, Indramayu – Mengantisipasi penyebaran virus corona (covid – 19) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu perpanjang masa kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi para pegawai dilingkungan Kantor Kemenag Indramayu hingga 21 April 2020 mendatang.

Perpanjangan masa kerja dari rumah ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 5 Tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja pegawai dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) pada Kementerian Agama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu H. Sofandi kepada reportase.tv melalui pesan singkat Whatsap, Jumat (3/4/20) mengatakan, perpanjangan masa kerja dari rumah bagi pegawai kementerian agama itu untuk melindungi para pegawai, khususnya pegawai dilingkungan kantor Kemenag kabupaten Indramayu serta melindungi masyarakat secara luas akan kemungkinan adanya penularan COVID-19.

“Sebelumnya menteri agama mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang mengatur Work From Home atau bekerja dari rumah hingga 31 Maret 2020 maka dalam surat edaran baru Nomor 5 tahun 2020 bekerja dari rumah bagi pegawai dilingkungan Kementerian Agama (Kemenag) diperpanjang hingga 21 April 2020. Maka kami laksanakan sebagai upaya pencegahan, dan melindungi masyarakat di Indramayu,” terang Sofandi.

Lebih lanjut Sofandi menyampaikan bahwa sesuai himbauan dari bapak menteri agama, agar pegawai dilingkungan kementerian agama bekerja dari rumah.

“Tetapi juga mereka harus siap bila ada tugas yang mendesak dan harus segera dilaksanakan dan tidak bisa dilakukan dari rumah seperti pencatatan perkawinan,atau pekerjaan lainnya,” lanjutnya.

Penyesuaian Surat Edaran ini tentunya setelah mencermati perkembangan penyebaran covid -19 yang beberapa minggu terakhir ini semakin meluas dan harus diambil langkah-langkah tepat untuk bisa menghambat penyebaran pandemi ini salah satunya dengan cara physical distancing.

Selama kebijakan WFH ini berlangsung, Sofandi meminta kepada seluruh jajarannya agar bisa melaksanakan pekerjaan secara online dengan memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi.

“Walaupun bekerja dari rumah, Saya tegaskan, agar setiap pimpinan harus memastikan kalau pegawainya memang benar-benar bekerja dari rumah, memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi,” tegasnya.

Tidak lupa Sofandi meminta, agar selama WFH ini para ASN dilingkungan Kemenag Indramayu agar selalu menjaga pola hidup besih dan sehat (PHBS) serta dapat mengedukasi masyarakat sekitarnya untuk selalu menjaga jarak fisik (physical distancing) karena itu adalah salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran covid – 19. (Isk)