Antisipasi Penyebaran COVID-19  di Desa, Kapolsek di Banjarnegara Ini Rutin Sosialisasi Keliling Desa

Peran Bhabinkamtibmas sangat penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat desa.(foto/doc)

Reportase.tv.Banjarnegara-Upaya Pencegahan penyebaran wabah COVID-19 di Kabupaten terus dilakukan melalui berbagai cara. Pemerintah pusat telah memberikan berbagai himbauan dan Kapolri juga sudah memberikan maklumat untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, Jajaran Polres Banjarnegara juga terus melakukan upaya pencegahan  hingga lini terkecil yaitu masyarakat di desa.

Seiring meningkatnya jumlah kasus corona di Banjarnegara upaya pencegahan penyebaran wabah corona juga  terus dilakukan.

Seperti di wilayah Kecamatan Purwanegara,Kabupaten Banjarnegara,  Kapolsek Purwanegara AKP Slamet Wisnu Adhi bersama anggotanya rutin melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat  desa di wilayahnya.

Menurutnya edukasi kepada masyarakat di desa sangat penting, mengingat banyak warga yang belum memahami betul anjuran dari pemerintah tentang resiko penularan virus corona, sehingga resiko tertular wabah tersebut juga besar.

“Masih banyak masyarakat yang berkumpul dan tidak memakai masker, ini masih banyak terjadi di pedesaan,” kata AKP Slamet Rabu (6/5/2020).

Untuk itu sambil memberikan edukasi, pihaknya juga membagikan masker gratis kepada msyarakat, sehingga tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak memakai masker.

“Sambil memberi edukasi tentang pencegahan penularan COVID-19,kami juga membagikan masker kepada masyarakat yang belum memakai masker, sehingga tidak ada alasan mereka untuk tidak memakai masker,” lanjutnya.

Lebih jauh Slamet mengatakan, pihaknya juga melibatkan Bhabinkamtibmas dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Hal itu dilakukan untuk  memaksimalkan keamanan dan memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman terhadap warga masyarakat desa.

Termasuk meminta para takmir masjid maupun warga agar melaksanakan ibadah di rumah masing-masing serta menjalankan protokol kesehatan yaiu dengan  menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

“Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan, terutama di wilayah hukum kami untuk mencegah penyebaran virus corona,” katanya.(ahr/rtv)