Antisipasi Virus Corona, RSU Kota Tangerang Siapkan Ruang Isolasi

Reportase.tv Kota Tangerang – Dua ruang isolasi dengan kapasitas lima tempat tidur, yang terletak di areal gedung ICU dan dilengapi dengan alat kesehatan penunjang, telah disiapkan RSU Kota Tangerang, Banten, Kamis (05/03/20).

Sebagai langkah antisipasi penanganan peningkatan pasien suspect virus corona atau covid-19. Tim satgas telah dibentuk yang terdiri dari sejumlah dokter spesialis dilengkapi dengan alat pelindung diri serta standar operasional prosedur penanganan pasien suspect.

RSU Kota Tangerang hanya melakukan pemeriksaan awal atau screaning terhadap pasien dengan gejala virus korona, untuk selanjutnya pasien dimasukan ke dalam ruang isolasi melalui tahapan pemeriksaan laboraturium dan radiologi dan apabila dinyatakan positif maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan.

Sejauh ini, pihak RSU Kota Tangerang belum menerima pasien suspect virus corona, namun pihaknya telah meningkatkan kesiap siagaan mengingat munculnya pasien positif virus corona.

“Kami menyiapkan ruang isolasi dengan kapasitas lima tempat tidur serta kami sudah siapkan tim satgas dari beberapa spesialis kemudian kami sudah menyiapkan SOP bagaimana penerimaan pasien hingga ruang isolasi hingga proses rujukan. Penanganan awal kita lakukan screaning kalo dia memang termasuk yang gejala dengan mengunjungi negara terjangkit dan kita masukan ruang isolasi, kemudian kita lakukan pemeriksaan laboraturium dan radiologi. sejauh ini RSU belum menerima pasien suspect,” terang dr. Henny Herlina, Dirut RSU Kota Tangerang.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyatakan,  20 warga Kota Tangerang dalam status pemantauan atau tidak bergejala tapi usai bepergian ke negara terjangkit telah dinyatakan sehat atau negatif virus corona, setelah melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan dan uji laboraturium.

“Tidak bergejala dan dia hanya datang dari negara-negara terjangit dan hasilnya semua sudah sehat dan clear, sampai saat ini belum ada peningkatan kasus mulai terjadi sejak januari hingga maret,” kata dr. Liza Puspadewi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Pemerintah Kota Tangerang telah melayangkan surat edarkan kepada seluruh rumah sakit, Puskesmas ataupun fasilitas kesehatan untuk meningkatkan kesiap siagaan dalam hal penanganan pasien suspect virus corona dengan menyiapkan ruang isolasi dan tenaga medis yang dilengkapi dengan alat pelindung diri dan alat kesehatan penunjang. (Ms/Tm)