Asyiknya Perpustakaan di Dalam Gerbong Kereta

PT Kereta Api Indonesia menyulap gerbong kereta menjadi sebuah perpustakaan yang nyaman. Kereta yang dinamai Rail Library ini beroperasi ke sejumlah stasiun di daerah Pulau Jawa.

[Elite_video_player id=”2″]

 

CIREBON, REPORTASE.TV – Untuk membantu program pendidikan dan meningkatkan minat baca masyarakat, PT Kereta Api Indonesia membuat gerbong kereta menjadi sebuah perpustakaan yang nyaman. Kereta yang dinamai Rail Library ini beroperasi ke sejumlah stasiun di daerah Pulau Jawa. Fasilitas gratis ini pun disatukan dengan Rail Clinik, yang melayani kesehatan gratis untuk masyarakat.

Ada suasana berbeda saat menyusuri dalam gerbong kereta Rail Library. Tak seperti gerbong kereta biasanya, bagian dalam gerbong kereta yang tengah lansir di Stasiun Babakan Cirebon, Jawa Barat ini merupakan sebuah perpustakaan. Tumpukan buku yang tersusun di rak bagian kanan dan kiri gerbong seakan memanggil-manggil pengunjung untuk membaca. Suasananya pun nyaman. siapa yang nggak betah berlama-lama di gerbong ini?

Ya…, gerbong perpustakaan atau Rail Library ini sengaja dibuat PT Kereta Api Indonesia untuk menumbuhkan minat membaca masyarakat.  Berbagai jenis  buku tersedia di sini.  Mulai dari buku pengetahuan hingga novel. Para pengunjungnya bebas memilih. Dan…, membaca buku di sini, tanpa dipungut biaya, alias gratis!

Di gerbong yang dilengkapi dengan pendingin ruangan ini pun disediakan sejumlah komputer yang sudah terhubung dengan jaringan internet. Jadi, selain bisa menyelami ilmu melalui buku, para pengujung pun bisa berselancar di dunia maya. Tentunya untuk mencari ilmu, yaaa…..

Rail library ini akan berkeliling dan lansir ke sejumlah stasiun-stasiun di daerah Pulau Jawa.

“Ini generasi keempat. Awalnya kami hanya melayani kesehatan. Setelah melayani kesehatan, ternyata kami melihat kok anak-anak juga membutuhkan baca. Akhirnya kami buatkan perpustakaan ini. Ini baru diresmikan 28 September lalu,” ujar Apriyon, Direktur SDM & Umum PT KAI.

Meski tidak seluas perpustakaan pada umumnya, para pengunjung yang datang dan mencoba fasilitas ini sudah cukup merasa nyaman. Dody, misalnya, ia merasa nyaman membaca di gerbong ini. Pelajar SMP ini mengaku senang dengan adanya fasilitas ini.

Selain perpustakaan, kereta Rail Library ini pun menyatu dengan Rail Klinik yang sudah ada sebelumnya. Rail Klinik memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan. Pengunjung enggak usah khawatir, Rail Klinik ini sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan kesehatan yang cukup memadai, lengkap sejumlah tenaga medisnya.(Jrk)