Babinkantibmas Polsek Jatilawang Latih Generasi Muda Buat Film Pendek Ngapak

Reportase.tv Banyumas – Dalam rangka mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif melalui pembinaan dan penyuluhan yang dilakukan oleh Ipda Kuswanto SH, Bhabinkamtibmas Polsek Jatilawang terhadap anak-anak muda merupakan salah satu kegiatan dengan tujuan merubah kebiasaan tidak baik menjadi kegiatan yang positif.

Kegiatan tersebut di gelar Selasa (11/02/ 2020) di Balai desa Tunjung Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas.

Bhabinkamtibmas sebagai Garda terdepan tugas polri di tengah-tengah masyarakat disamping sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat juga dituntut untuk membina dan memberikan penyuluhan terhadap anak anak muda yang dapat merubah sikap yang terbiasa cenderung melanggar aturan menjadi taat terhadap aturan seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kanit Binmas Polsek Jatilawang mempunyai terobosan kreatif untuk pembuatan karya film pendek.

Untuk menyelesaikan masalah dan mencarikan win win Solution Desa binaan saya Desa Tunjung itu terdapat sekelompok anak muda yang bermain game online jam 11 malam sampai jam 4 pagi. Game online sedikit banyak meresahkan warga masyarakat setempat, karena hal itu ada warga masyarakat melaporkan kepada saya selaku Kanit Binmas Polsek jatilawang langsung bereaksi cepat untuk melakukan pendekatan.

Dengan metode dan sistem saya menyelesaikan masalah tersebut dengan mengarahkan anak-anak ini untuk pembuatan film Ngapak pendek, yang produksinya dan juga di prakarsai saya langsung di unggah Oyy oyy channel YouTube.

“Sudah 50 film di produksi dan saya unggah di YouTube, Alhamdulillah kami sudah memenuhi kriteria-kriteria untuk mendapatkan hasilnya dan langsung saya berikan kepada mereka walaupun awal pendanaan dari saya pribadi.”Katanya.

“Saya berharap, polisi polisi khusus bhabinkamtibmas, berikanlah mereka sarana motivasi, bimbingan agar permasalahan ini bisa tersalurkan dengan positif.”ujar Ipda kuswanto SH

Kepala Desa Tanjung Tamrin, Kepada Reportase.tv menuturkan,”saya sangat mendukung adanya pembinaan dan penyuluhan oleh bhabinkantibmas polsek Jatilawang. Dengan adanya kegiatan ini menghindari dari Media elektronik, media ini kadang-kadang, anak-anak ini terjerumus dan kebiasaan buruk sehingga kami harus selalu membekali dan memberi kegiatan, supaya berkreativitas kepada pemuda-pemuda ini membuat kerajinan. Insya Allah kami anggarkan dari pemerintah desa dan insya Allah kami juga akan berkordinasi dengan orang-orang tua untuk membangkitkan anak-anaknya berkreativitas membuat kerajinan biar ada kegiatan-kegiatan yang positif. Alhamdulillah karang taruna terbentuk dengan nama”Tunas sejati” Ya mungkin nanti sebentar lagi kami berikan SK dan akan dikumpulkan semua pemuda dari satu ujung untuk bersatu padu menjalankan kegiatan-kegiatan yang positif. kegiatan yang positif Jangan sampai berbuat anarkis. Apalagi kalau ada sebuah masalah biasanya akan emosionalnya tinggi yang menimbulkan perkelaian.”kata Sartim kepala desa Tunjung

Salah satu Anggota Karang Taruna “Tunas sejati” Aldi setiawan, mengaku,”sangat bangga setelah mendapatkan pembinaan serta bimbingan dari Bhabinkamtibmas dengan kegiatan positif contohnya kerja bakti dan pelatihan ketrampilan serta pembuatan film pendek.” Jelas aldi. (Kus)