Bahar bin Smith Divonis 3 Tahun Oleh PN Bandung

Reportase.tv Medan- Bahar bin Smith dijatuhi hukuman penjara 3 tahun oleh Majelis Hakim Pengadilan Negri Bandung, terbukti secara sah melakukan penganiayaan anak di bawah umur, Selasa (9/7).

“Menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara denda Rp50 juta dengan ketentuan bila tidak dibayar diganti kurungan satu bulan,” ucap majelis hakim yang diketuai Edison Muhammad di sidang vonis yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Bandung di gedung Arsip dan Perpustakaan, Jalan Seram, Kota Bandung, dilansir okezone.

Dalam persidangan tersebut, Bahar terbukti bersalah sesuai Pasal 333 Ayat (2) KUHPidana dan atau Pasal 170 Ayat (2) dan Pasal 80 Ayat (2) Jo Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Vonis hakim lebih rendah ketimbang tuntutan jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri Bogor. Dalam sidang tuntutan sebelumnya, Bahar dituntut hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan.

Atas putusan tersebut, pihak Bahar dan tim kuasa hukumnya, masih perlu waktu untuk mengajukan banding. Setelah vonis dibacakan, Bahar langsung di kawal ke mobil tahanan dengan ketat. Sementara para pendukung Bahar masih berada di luar gedung, melakukan orasi dukungan.(Re)