Banjarnegara Bersiap New Normal, Tinggal  Menunggu Satu Pasien Sembuh

Bupati Banjarnegara menyampaikan pers rilis Covid-19 Senin malam.(29/6/2020)

Reportase.tv,Banjarnegara – Pemkab Banjarnegara  segera memberlakukan simulasi new normal. Keputusan tersebut akan segera dilakukan menunggu kesembuhan satu pasien virus Covid-19 tersisa yang saat ini masih dala perawatan.

“Kita tunggu kesembuhan satu pasien lagi, sebelum kita berlakukan New normal ” kata Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, kepada media usai Pers rilis di rumah dinas Bupati, Senin malam (29/6/2020).

Meski begitu pihaknya sampai saat ini belum bisa memastikan kapan akan dilakukan simulasi New normal. Sebab satu pasien  berumur 52 tahun tersebut sudah cukup lama yaitu 12 minggu. Selain itu, pasien tersebut sudah dites swab sebanyak 10 kali dengan hasil selalu positif.

“Kondisi pasien cukup sehat sebab tak mempunyai riwayat penyakit lain. Kami  berharap, tes swab terakhir yang dilakukan akan membawa kabar baik, sehingga kita bisa segera melakukan tahapan simulasi dan new normal,” lanjutnya.

Budhi menambahkan,  Berdasarkan hasil rapid test secara acak terhadap pedagang di pasar Kecamatan Pejawaran , didapatkan 42 pedagang dengan hasil Rapit Tes negatif.

Sementara dari uji sampling terhadap ASN, Dinkes menemukan satu  orang reaktif,  Mereka diminta untuk karantina mandiri sebelum dilakukan uji SWAB  untuk memastikan positif corona virus (COVID-19).

“Hari Senin kita lakukan sampling RAPID tes terhadap beberapa pegawai dilingkungan pemkab Banjarnegara yang mempunyai tingkat resiko tinggi tertular Covid-19, dari 48 sampling didapatkan 1 orang dengan Rapid Tes Reaktif,” tambahnya.

Sedangkan dari rapid test di beberapa rumah sakit, diketahui ada empat orang yang hasilnya reaktif. Mereka berasal dari Kecamatan Banjarmangu, Madukara, Bawang dan Mandiraja.

Sementara berdasarkan koordinasi dengan propinsi didapatkan 2 pasien asal Banjarnegara yang di rawat di rumah sakit rujukan  terkonfirmasi  positif yaitu nyonya 38 asal kecamatan Purworejo Klampok  yang merupakan kasus terkonfirmasi  positif  covid-19  ke 42 di Kabupaten Banjarnegara  dan sudah dinyatakan sembuh.

Sementara tuan  39 asal Kecamatan Wanadadi yang merupakan kasus terkonformasi positif  Covid-19  ke 43  Banjarnegara dan meninggal dunia  dan sudah dimakamkan menggunakan protokol Covid-19.

Berdasarkan data terakhir, Kabupaten Banjarnegara yang semula terdapat pasien dengan Rapid Tes positif berjumlah 18 orang , bertambah 5 orang dengan Rapid tes reaktif, dan 1 pasein dengan hasil SWAB negatif Covid-19. Sehingga secara keseluruhan orang dengan Rapid tes positif berjumlah 22 orang dan  saat ini mereka sedang menunggu hasil SWAB.

Dan Banjarnegara saat ini  terdapat 43 orang yang terkonfirmasi positif covid-19, 41 orang dinyatakan sembuh, sementara 1 orang meninggal dunia dan 1 orang lainnya maih dalam perawatan. <ahr>