Bantu Logistik Pengungsi dan Relawan, PMI Banjarnegara Buka Dapur Umum di Lokasi Bencana Tanah Gerak

Relawan PMI Banjarnegara menyiapkan logistik untuk masyarakat terdampak, pengungsi dan relawan di Desa Banjar dan Desa Swidak Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara.(foto/doc)

Reportase.tv.Banjarnegara – Penanganan bencana tanah gerak di Desa Bantar dan Suwidak Kecamatan Wanayasa Banjarnegara, Jawa Tengah masih terus dilakukan. Salah satunya dengan membuka dapur umum di beberapa titik.

Salah satunya adalah Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarnegarayang juga turut membuka dapur umum di kedua desa tersebut.

Dua unit perlengkapan dapur umum diterjunkan untuk melayani masyarakat yang terdampak, pengungsi dan relawan yang bertugas dilokasi.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Amalia Desiana mengatakan kondisi medan yang sulit serta terputusnya akses transportasi membuat kendala yang serius dalam operasi ini.

“Dapur Umum kami dirikan di Dusun Pramen Desa Bantar, agar  mudah diakses oleh roda 4 untuk membawa bahan kebutuhan pokok”  kata Amalia Kepada Media (8/12/2020).

Dapur Umum beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pengungsi dan Relawan yang bertugas.  Relawan PMI Banjarnegara dibantu oleh Team Sibat Sirukem dan Pekasiran serta relawan gabungan silih berganti memasak dan melayani untuk sedikitnya 126 jiwa yang mengungsi ditambah relawan.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Alam PMI Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan,  bahan makanan pokok dan alas tidur menjadi kebutuhan urgent yang saat ini dibutuhkan dilokasi. “dengan segala upaya kita dorong dari berbagai komunitas relawan, agar bersama sama membantu mencukupi kebutuhan pokok tersebut”  ujarnya.

Pihaknya berharap donasi dari masyarakat  dan berbagai pihak segera mengalir karena proses operasi ini belum tahu sampai kapan dikarenakan tanah masih terus bergerak. (ahr)