Berstatus Tersangka KPK, Hasto Tetap Yakin Harun Masiku Adalah Korban

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Reportase.tv, Jakarta – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto tetap yakin jika Harun Masiku merupakan korban. Meskipun faktanya saat ini Harun telah berstatus tersangka, dalam kasus dugaan suap terhadap eks komisioner KPU Wahyu Setiawan.

“Kami tegaskan, kami mengharapkan pak Harun juga bersikap kooperatif. Karena beliau ini adalah korban, ya korban penipuan, korban pemerasan,” ujar Hasto di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta.

Hasto menilai, koleganya di partai berlogo moncong putih itu memiliki hak untuk menjadi anggota legislatif, melalui jalur penggantian antar waktu (PAW) DPR RI. Oleh karenanya, partai sempat memfasilitasi Harun untuk melakukan uji materi ke Mahkamah Agung (MA).

“Melalui keputusan MA dia (Harun) punya hak. Hanya hak ini ada yang menghalangi, ya oleh oknum yang ada di dalam KPU tersebut dan kemudian kan juga sudah dikenakan sanksi,” katanya.

Lebih lanjut Hasto juga merasa ada pihak yang menggiring opini sehingga menyudutkan dirinya. Hal ini merupakan upaya mengaburkan fakta yang ada dalam kasus dugaan suap tersebut.

“Ada framing yang begitu kuat mengaburkan fakta itu. Tentu saja kami menghadapi semuanya dengan baik, dengan penuh kesungguhan tetapi berpijak pada upaya hukum itu,” tegasnya.

Kendati demikian, sambung Hasto, PDI Perjuangan tetap menghormati dan mendukung proses hukum yang saat ini tengah berjalan di KPK. “Kami mendorong setiap kader PDIP untuk ikut bertanggung jawab terhadap seluruh proses itu,” imbuhnya.