BPBD Banjarnegara Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19

Narasumber dari RSUD hj Anna Lasmanah memberikan materi kepada peserta pelatihan pemulasaran jenazah covid-19.(foto/ahr)

Reportase.tv,Banjarnegara – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara menggelar pelatihan pemusalaran jenazah covid-19. Pelatihan di ikuti oleh perwakilan seluruh kecamatan  di Banjarnegara muai tanggal 23 hingga 27 Agustus,  Dan setiap kecamatan  mengirimkan 15 orang baik puta maupun puteri.

Pembukaan pelatihan dipusatkan di gedung Ikatan Persaudaraan haji Indonesia Kecamatan Sigaluh Banjarnegara Senin (23/8/2021) kemarin.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo menyampaikan, saat ini Tim pemulasaran jenazah Covid 19 hanya ada di Rumah Sakit, sedangkan di Desa maupun kecamatan belum optimal.

“Tim Pemakaman Jenazah Covid 19 saat ini baru ada di tingkat kabupaten yaitu di BPBD dan hanya beberapa kecamatan yang sudah bisa melaksanakan secara mandiri,” kata Andri usai memberikan materi pelatihan Selasa (24/8/2021).

Ia juga mengatakan rendahnya pengetahuan masyarakat tentang penanganan jenazah covid-19 sehingga menimbulkan permasalahan saat pemulasaran dan pemakaman di wilayah sehingga perlu diadakan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan bagi para relawan di desa.

“Jika sudah ada relawan maka akan pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid 19 yang meninggal selain di Rumah Sakit, Puskesmas, Isoman, dan perjalanan menuju rumah sakit terlayanidengan cepat,”lanjutnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto mengatakan, ketrampilan masyarakat perlu ditingkatkan dalam pemulasaran jenazah karena saat ini relawan BPBD sangat terbatas sehingga perlu ada  relawan desa.

“Sebenarnya sudah banyak masyarakat yang tahu cara memulasarakan jenazah, hanya saja saat ini karena pandemi covid-19  penangannya berbeda,” katanya

Pemakaman jenazah covid 19 yang pada saat ini masih dilakukan seluruhnya oleh tim kabupaten yang di koordinir oleh BPBD Kabupaten Banjarnegara, sudah saatnya tim kecamatan mengambil peran dalam melakukan pemakaman jenazah covid 19 di wilayahnya. Sekali lagi saya sangat berharap pelayanan terhadap masyarakat dalam pemakaman jenazah covid 19 bisa lebih cepat, sehingga masyarakat benar-benar merasakan kehadiran pemerintah di saat mereka membutuhkan.

Kepala Bagian Kesra Setda Banjarnegara Paryono saat membuka acara mengatakan, Saat ini masyarakat memerlukan kehadiran pemerintah untuk memberikan keyakinan, kenyamanan dan ketenangan, sehingga masyarakat dapat menjalani kehidupan di masa pandemi dengan bahagia dalam koridor protokol kesehatan.

“Dengan suasana di masyarakat yang kondusif maka aspek imunitas masyarakat diharapkan meningkat, sehingga masyarakat di Banjarnegara aman dan tidak terjangkit penyakit Covid 19 serta kematian Covid 19 dapat ditekan,” katanya.(ahr)