BPBD dan Dinkes Jalin MoU Pemanfaatan Data Kependudukan Dengan Dindukcapil Banjarnegara

BPBD dan Dinkes Jalin MoU Pemanfaatan Data Kependudukan Dengan Dindukcapil Banjarnegara.(foto/ahr)

Reportase.tv,Banjarnegara – Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banjarnegara terkait pemanfaatan data kependudukan.

Acara penandatanganan berita acara dilaksanakan di Aula Dindukcapil Banjarnegara, Kamis (19/1/2023).

Kepala Dindukcapil Banjarnegara, Tien Sumarwati berharap melalui kerja sama ini maka kepada dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut mendapatkan hak untuk bisa mengakses langsung data terkait administrasi kependudukan (adminduk) yang ada di Dindukcapil.

Dengan diberikan akses ke layanan adminduk ini, diharapkan BPBD dan Dinkes bisa memanfaatkannya untuk mendukung kinerja serta memudahkan layanan ke masyarakat.

“Selanjutnya, Dinkes dan BPBD akan diusulkan untuk mendapatkan User ID ke Ditjendukcapil Kemendagri agar bisa masuk ke server adminduk Dindukcapil Banjarnegara,” ujarnya

Dikatakan, akses ke adminduk ini juga akan membantu tugas dan fungsi bagi OPD terkait untuk verifikasi data kependudukan sesuai dengan sasaran layanan kegiatan. Seperti, untuk BPBD bisa untuk melihat data warga yang terdampak bencana agar ketika ada tindak lanjut penanganan seperti pemberian bantuan atau relokasi, data yang ada benar-benar valid.

“Layanan adminduk bukan merupakan layanan dasar, tapi dasar dari semua pelayanan. Karena data kependudukan diperlukan di semua pelayanan publik,” katanya. (A9)