Budidaya Ikan Dewa Jadi Pengusaha Resto, Omzet Ratusan Juta

Reportase.tv Banyumas – Tidak ada yang tidak mungkin, kalau kita mau berusaha. itulah gelar yang pantas dimiliki oleh seorang pengusaha sukses Bing Urip Hartoyo. Berawal dari budidaya ikan dewa, berkembang menjadi pengusaha Resto ikan dewa di desa tempat kelahirannya Karang Tengah kecamatan Cilongok Banyumas.

Bermodal ketekunan dan keuletannya, usaha budidaya ikan dewa dan resto ikan makin pesat perkembangannya. Omzet perbulan cukup fantastis, dari semula hanya 100 juta perbulan, kini mencapai 150 juta perbulannya.

Seiring dengan perkembangan usaha, Bing kemudian memberanikan diri, semula hanya memenuhi pesanan ikan dewa sètiap acara Hari besar imlek, kini sudah bisa mengirim ikan dewa sètiap hari ke 6 kota besar di Indonesia antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Lampung dan Medan.” Kata Bing kepada Reportase.tv, Selasa (21/01).

Bing menambahkan, “awal dari resto ikan dewa adalah budidaya ikan dewa, suatu bisnis yang bagus kemudian ternyata ada potensi alam yang bagus untuk dikembangkan menjadi sebuah wisata kuliner. Maka saya mendirikan resto ikan dewa sekalian budidaya ikan dewa.”

“Selain kita menyediakan makanan tradisional termasuk ikan dewa, kita juga memberikan edukasi kepada para pengunjung bagaimana cara membudidayakan ikan dewa dari mulai pemijahan kemudian pembesaran. Resto ikan dewa sudah tersedia semuanya dan Alhamdulillah respon dari masyarakat cukup antusias. Sampai hari ini kita sudah berjalan hampir dua setengah tahun untuk resto ikan dewa.” Tandas Bing.

Resto ini sekaligus tempat wisata karena selain berada di lingkungan alam juga bisa melihat ikan berukuran besar yang kerap disebut ikan dewa atau tor soro. Lokasi resto ikan dewa ini strategis karena tak jauh dengan obyek wisata Curug Cipendok. Di tempat ini tersedia gasebo yang berada di pinggir sawah, pengunjung bisa menikmati pemandangan luas hamparan sawah dan pegunungan yang merupakan kaki gunung Slamet. Satu lagi pengunjung bisa melihat dan memberi makan ratusan ikan yang berada di kolam tersebut.

Selain makanan khas Banyumas pengunjung juga bisa memesan sup ikan dewa. Meski sedikit mahal namun rasa sup ini sangat khas dan punya nilai tersendiri jika bisa menyantapnya. Ada juga ikan dewa bakar dan pepes ikan dewa. Harga sop ikan dewa ditentukan sesuai bobot satu ons seharga 100 ribu Rupiah.

“Makanan khas yang harganya terjangkau juga tersedia seperti sayur jantung, pecak pisang, sayur daun ketela, mendoan dan makanan gorengan lainnya. Selain menikmati keindahan alam pedesaan, banyak ditawarkan pengunjung resto antara lain berbagai sayuran yang khas, makan-makanan ini sudah jarang ditemui.” Kata Bing Urip Hartotoyo. (Kus)