Bursa Presidium Muswil KAHMI Jatim V Akan Diikuti Banyak Tokoh Serta Dari Berbagai Kalangan

Rapat kepanitiaan Muswil KAHMI Jatim V di Gayungsari Surabaya
Rapat kepanitiaan Muswil KAHMI Jatim V di Gayungsari Surabaya

Reportase.tv Surabaya – Musyawarah Wilayah (Muswil) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jawa Timur V direncanakan akan di gelar di Sarangan, Magetan pada Jumat hingga Senin 28-30 Mei 2021 mendatang.

Banyak tokoh dari golongan muda serta dari berbagai kalangan diperkirakan akan mengisi bursa calon presidium KAHMI V nantinya, hal itu disambut baik oleh segenap panitia yang hadir dalam rapat kepanitian Muswil KAHMI Jatim V di Gayungsari Surabaya.

Saya mendengar sih begitu, banyak nama yang disebut-sebut akan maju di bursa pemilihan, dari berbagai latar belakang, banyak tokoh yang masuk bursa Presidium MW KAHMI Jatim. Salah satunya pak Wagub Emil Dardak,” kata Ketua panitia muswil KAHMI Jatim, Ahsanul Yakin Rifat kepada wartawan di Graha KAHMI Jatim, Minggu (25/4/2021).

Selain nama Emil Elistianto Dardak yang juga Wakil Gubernur Jatim, M Sarmuji (Ketua DPD Partai Golkar Jatim), Haruna Sumitro (pengusaha/tokoh sepakbola nasional), M Riyadh (pengacara/ketua Asprov PSSI Jatim), Prof Sutoyo (Fakultas Kedokteran Unair Surabaya), Prof. Dr. Purnawan Basundoro (Dekan Ilmu Budaya Unair) juga diperkirakan akan maju sebagai calon presidium KAHMI Jatim.

Kemudian, Yunianto Wahyudi (Ketua DPD Partai Hanura Jatim) dan Bawon Adi Yitoni (koordinator MW Presidium KAHMI Jatim). Untuk nama Emil, pihaknya menyebut belum mendapat kepastian benar atau tidaknya.”Tunggu saja, banyak memang beredar nama dari berbagai latar belakang, termasuk Emil,” terang Yakin Rifat.

Muswil KAHMI Jatim V akan dihadiri oleh 34 MD dari 38 Kabupaten/Kota di Jatim. Empat daerah yang tidak mengikuti muswil, yaitu Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Blitar dan Kota Pasuruan.“Nantinya, masing-masing MD mengirimkan tiga delegasi. Namun, yang mempunyai hak suara hanya satu orang. Jadi one man one institusi (satu orang mewakili satu institusi),” tandas Rifat.

Masing-masing MD akan mengusulkan maksimal tujuh calon presidium. Misalnya, MD Kota Surabaya berhak mengusulkan tujuh orang. “Apakah nanti hak itu digunakan atau tidak, itu tergantung masing-masing MD,” ucapnya.

Selanjutnya, selain pemilihan presidium, di Muswil KAHMI V Jatim, juga digelar seminar ekonomi nasional menampilkan tokoh-tokoh muda KAHMI dan HMI sebagai nara sumber.
Termasuk tokoh nasional Sarmuji dan Emil Dardak. Serta, Akbar Tanjung yang akan memberikan orasi ilmiah.

Untuk kandidat, tidak ada syarat khusus termasuk dari berbagai latar belakang apapun.
“Tidak ada syarat khusus, yang jelas Islam, taat kepada Pancasila dan UUD 45 serta harus menandatangani fakta integritas. Nanti ada tujuh persyaratan yang akan ditandatangani,” terangnya.

Dalam rangkaiannya, Muswil KAHMI ke-V itu juga akan dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.”Beliau dijadwalkan hadir, dan bahkan mengikuti acara pagi hari yakni jalan sehat di Sarangan,” pungkas Yakin Rifat. (sfy)