Canangkan WBBM,  Kapolres Situbondo  Lakukan Inovasi Pelayanan Publik

Situbondo, Reportase.tv – Setelah mendapat predikat pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada 10 Desember 2018 lalu, Polres Situbondo kembali  mencanangkan meraih predikat yang lebih baik lagi, yakni  Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Polres Situbondo dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Situbondo, mencanangkan secara bersama-sama predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Janunarga milik Polres Situbondo.

“WBK ini suatu prestasi nyata yang bisa dirasakan oleh Polres dan Kejari Situbondo. Dari prestasi ini, remonerasi kita naik satu tingkat,” kata Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono, Selasa (22/1/2019).

Menurutnya, untuk menuju predikat WBBM, pihaknya telah menyiapkan beberapa inovasi peningkatan layanan bagi masyarakat diantaranya, pelayanan Satlantas menyangkut surat izin mengemudi (SIM) yang akan mengguna kan aplikasi.

“Kita akan menggunakan aplikasi untuk mengurus SIM, dan pembayarannya bisa transfer. Cara ini mempercepat pengurusan SIM,” ujarnya.

AKBP Awan Hariono menegaskan, untuk  memberikan rasa nyaman bagi   masyarakat yang akan melapor, pihaknya akan memperluas Ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Selain itu, di pelayanan Satreskrim akan ada pelayanan monitoring, sehingga  masyarakat bisa memonitor langsung jadwal pemeriksaan.

“Ada juga program yang sinergi dengan Kejari yaitu Aplikasi sistem pelayanan masyarakat Situbondo (Stemple), untuk komunikasi dalam hal proses penyidikan tindak pidana,” bebernya.

Sedangkan program unggulan untuk menuju WBBM, Polres memberlakukan e-Tilang di dua titik yang akan dijadikan percontohan, yakni di perempatan lampu merah Mapolres dan di perempatan utara Alun-Alun Situbondo.

“Kita sudah koordinasi dengan Kejaksaan dan Dinas Perhubungan. CCTV kita juga sudah siap. Dalam waktu dekat segera kita luncurkan,” tandas Kapolres.

Sementara itu, Kepala Kejari Situbondo, Nur Slamet mengaku, pihaknya telah melakukan berbagai inovasi untuk perbaikan layanan, diantaranya, e-tilang, joker, grab, dan kantor pos.

“Pelayanan yang kita berikan tersebut sudah sinergi dengan Polres dan Pemkab Situbondo,” ujarnya.

Nur Slamet mengatakan, pihaknya sudah berkomitmen dengan Polres untuk pencanangan WBBM, guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang bebas korupsi.

“Saya berharap, kita saling mendukung untuk menuju WBK. Demikian pula dengan Pemkab Situbondo,” pungkasnya.

Hadir dalam  pencanangan WBBM di Gedung Janunaraga Polres Situbondo, Wabup Yoyok Mulyadi, Ketua DPRD Situbondo Bashori Shonghaji, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Situbondo. (fat)