Cegah Covid-19 Jenis Baru, WNA Dilarang Masuk Indonesia Mulai 1 Januari 2021

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (foto: Instagram)

Reportase.tv, Jakarta – Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas dengan sejumlah Menteri , Senin (28/12). Salah satu pembahasan dalam ratas tersebut mengenai pencegahan Covid-19 jenis baru, yang mulai menyebar di beberapa negara.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, mulai 1-14 Januari 2021, warga negara asing (WNA) dilarang masuk Indonesia. Aturan ini berlaku bagi WNA dari seluruh negara.

“Kami putuskan untuk menutup sementara dari tanggal 1 sampai 14 Januari 2021 masuknya WNA dari semua negara ke Indonesia,” ujar Retno.

Meski demikian, ada beberapa pengecualian terkait aturan pelarangan WNA masuk Indonesia. Kata Retno, pejabat asing setingkat Menteri dapat masuk ke Indonesia, dengan sejumlah aturan protokol kesehatan yang ketat.

Samentara WNA yang tiba di Indonesia hingga tanggal 31 Desember 2020, masih diizinkan masuk. Namun ada syarat khusus, seperti hasil tes PCR negatif dari negara asalnya yang masih berlaku serta tes PCR ulang setelah tiba di Indonesia.

Bila tes PCR tersebut dinyatakan negatif, kata Retno, masih ada tahapan yang harus dilalui WNA yang baru datang ke Indonesia. Mereka diwajibkan isolasi mandiri selama lima hari pasca kedatangannya.

“Setelah karantina lima hari melakukan pemeriksaan ulang rapid tes PCR dan apabila hasilnya negatif, maka pengunjung diperkenankan meneruskan perjalanan,” tukasnya.