Cegah Hoaks, Whatsapp Batasi Forward Pesan Hanya Satu Kali

Reportase.tv, Jakarta – Salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna ponsel pintar di dunia, Whatsapp membuat kebijakan baru. Kebijakan ini diharapkan dapat mencegah hoaks di tengah wabah corona.

WhatsApp mengatakan, kini pesan WhatsApp hanya bisa di-forward satu kali dalam kurun waktu tertentu. Pasalnya, selama wabah corona pihaknya telah melihat adanya jumlah forward pesan yang meningkat signifikan dan berpotensi menyebar hoaks.

“Kami percaya akan pentingnya memperlambat penyebaran pesan seperti itu untuk menjaga agar WhatsApp tetap menjadi tempat berlangsungnya percakapan pribadi,” tulis pihak WhatsApp dalam keterangan resminya.

Pihak Whatsapp mengaku telah menjalin bekerja sama langsung dengan LSM dan pemerintah, termasuk WHO dan kementerian nasional di lebih dari 20 negara. Dengan demikian, diharapai pengguna akan mendapatkan informasi yang akurat.

“Tim kami bekerja keras untuk menjaga WhatsApp tetap berjalan secara reliabel selama krisis global yang belum pernah terjadi sebelumnya,” katanya.

Sebelum penerapan pembatasan, Whatsapp juga telah menandai pesan yang di-forward berkali-kali dengan tanda panah ganda. Sehingga penerima mengetahui jika pesan tersebut bukan berasal dari pengirim langsung.