Cegah Penyebaran Corona, Pemerintah Siapkan Kebijakan Darurat Sipil

Presiden Joko Widodo (foto:Ist)

Reportase.tv, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta sejumlah kementerian membuat pembatasan sosial berskala besar. Hal ini guna mencegah penyebaran penularan virus corona (Covid-19).

“Saya minta kebijakan pembatasan sosial berskala besar, physical distancing, dilakukan lebih tegas, lebih disiplin dan lebih efektif lagi,” ujar Jokowi di Jakarta, Senin (30/3).

Selain itu, rapat terbatas ihwal laporan Tim Gugus Penanganan Covid-19 tersebut Jokowi juga meminta agar dilakukan kebijakan darurat sipil.

“Sehingga tadi sudah saya sampaikan, bahwa perlu didampingi adanya kebijakan darurat sipil,” jelasnya.

Pembatasan sosial tersebut, kata Jokowi, juga harus dibarengi dengan aturan yang jelas. Sehingga pemerintah daerah dapat bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Saya minta agar segera disiapkan aturan pelaksanaan yang jelas sebagai panduan provinsi kabupaten dan kota sehingga mereka bisa bekerja,” tegasnya.

Jokowi juga kembali mengingatkan, jika kebijakan karantina wilayah merupakan kewenangan pemerintah pusat. Oleh karenanya pemerintah daerah diminta mengikuti kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pusat.

“Saya ingatkan, kebijakan kekarantinaan kesehatan termasuk karantina wilayah adalah kewenangan pemerintah pusat. Itu bukan kewenangan pemerintah daerah,” jelasnya.