Cegah Penyebaran Covid-19, Puluhan Karyawan PT Waskita Karya Jalani Rapid Test

Reportase.tv, Purworejo – Puluhan Karyawan PT Waskita Karya, Kontraktor Proyek Bendungan Bener Paket 2 , di Purworejo , jawa Tengah , Seni Sore ( 08/06/20 ) Jalani Rapid Test di Rumah Sakit Budi Sehat, jalan Wr. Supratman, Purworejo.Rapid test ini memang sengaja dilakukan sebagai upaya deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19 yang kian masiv.

Melalui program Waskita Pencegahan covid-19 ini, Para karyawan BUMN ini , satu persatu menjalani protokol Rapid test, Mulai dari pengecekan suhu tubuh, wawancara hingga pengambilan sampel darah. Rapid test ini dikomandoi langsung oleh Karya Adelyna Rachma, selaku Koordinator Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) PT Waskita Karya.

“ Ini merupakan perintah langsung dari kantor Pusat ( PT waskita Karaya ) di Jakarta , agar semua kartyawan yang bertugas di daerah melakukan Rapid Test sebgai upaya pencegahan Covid- 19. Rapid Test menjadi syarat wajib setiap karyawan di Era New Normal ini “ Papar Adelyna Rachma`

Banyaknya jumlah Karyawan yang berkecimpung di Proyek Starategis Nasional Bendungan Bener ini , membuat Rapid Test yang harus dijalani semua karyawan akan dilakukan scara bertahapdan berkala setiap harinya. Pada tahap pertama ini , Semua hasil Rapid Test yang dikeluarkan Pihak rumah sakit Budi Sehat hari ini , belum didapatkan adanya Karyawan yang terpapar Virus mematikan ini .

Namun jika dikemudian hari nanti, Ada Karyawan yang “ Reaktif “ saat proses Rapid Test ini. Pihak RS akan melakukan koordinasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, untuk penanganan selanjutnya.

Untuk pelayanan Rapid Test secara mandiri ini , RS budi sehat juga membukanya untuk masyarakat umum dengan biaya sebesar Rp 290.000,- perorangnya. Dalam Rapid Test ini pihak RS selalu enerapkan Protokol Keshatan sebagai standar pencegahan dan pengendalian Covid -19. Salah satunya dengan menggunakan APD lengkap saat melakukan Rapid Test tesebut.

“ Rapid Test rapid ini, merupakan langkah awal untuk mencegah dan mengendalikan infeksi Covid-19 atau biasa disebut dengan scranning awal.Hasilnya akan menentukan tindakan selanjutnya, Kami juga mengajak masyrakat lebih sadar diri untuk melakukan Rapid Test ini . “ Tegas Fathur Rochaman, Wadir penunjang Medis RS Budi Sehat..
Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Dengan kata lain, bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Namun perlu Anda ketahui, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu.

Jadi, rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19. ( Fer )