Dampak PSBB di Jakarta, Angka Kunjungan Wisata ke Dieng Turun 30 Persen

Sejak PSBB jilid 2 di Jakarta diberlakukan, angka kunjungan wisata di Dieng turun 30 persen.(foto/ahr)

Reportase.tv,Banjarnegara – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta berdampak  terhadap angka kunjungan wisata, termasuk kunjungan wisata di Kabupaten Banjarnegara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto mengatakan kunjungan wisatawan ke Dieng terpengaruh daerah lain.

“Ketika PSBB di DKI diterapkan, PSBB yang jilid kedua. Pengaruhnya sangat besar, kurang lebih penurunan kunjungan 30 persen,” kata Agung saat ditemui di ruang kerjanya Jum’at (26/11/2020).

Meski demikian, pihaknya berharap pandemi segera berakhir dan masyarakat kembali normal dan tidak ada kekhawatiran akibat Covid-19.

Agung menambahkan, saat ini, angka kunjungan ke Dieng saat weekend di atas 2.000 dan kunjungan hari-hari biasa 1.000 kunjungan wisatawan. Sedangkan sebelum adanya pandemi, saat week end lebih dari 7.000 kunjungan wisatawan.

“Kami tetap mengikuti arahan dari pemerintah terkait dengan ekonomi dari sektor pariwisata ini, kapan harus menggenjot, dan harus bisa mengerem dari sisi promosi manakala situasi tidak memugkinkan,” tambahnya.

Sedangkan penerapan protokol kesehatan 3 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumumunan tetap di terapkan secara ketat.

“Kami yamenekankan kepada para pengelola destinasi wisata di Banjarnegara, termasuk hotel, home stay rumah makan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya.

Obyek wisata di Dataran tinggi Dieng dibuka kembali per 1 Agustus lalu dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. (anhar)