Darurat Covid-19, Lansia Butuh Perhatian Pemerintah

Reportase.tv Medan – Wabah virus Corona (COVID-19) telah dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat. Mengingat hal tersebut Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) membagikan hygiene kits kepada para lanjut usia (Lansia) di Kota Medan.

Ketua YAFSI, Badriyah mengatakan bahwa kelompok Lansia harus menjadi perhatian pemerintah, karena kelompok ini sangat rentan terhadap penyebaran virus Corona (COVID-19).

“Kelompok lansia rentan terhadap virus Corona, ini harus menjadi perhatian kita. Seperti lansia, disabilitas, penderita penyakit kronis begitu. Bagi YAFSI kami ingin berbagi mulai dari lingkungan paling dekat dahulu yaitu keluarga,” katanya di Lingkungan XII, Teladan Barat, Medan Kota, Kamis (2/4).

Menurut Badriyah bahwa, selain berbagi hygiene kits kepada relawan YAFSI yang tinggal di lingkungan tersebut juga memberikan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Para relawan itu juga memberikan PHBS kepada para kelompok lansia bagaimana cara mencuci tangan yang benar,” ucapnya.

“Penyuluhan ini juga merupakan penerapan pendekatan community system strengthenning yang fokus pada penguatan kapasitas masyarakat lokal agar lebih mandiri dalam menangani kasus COVID-19 ini,” terang Badriyah

Direktur Eksekutif YAFSI Kartika menuturkan bahwa sasaran terhadap lansia tersebut karena banyak lansia yang kurang kebiasaan mencuci tangan.

“Saya melihat banyak lansia di lingkungan ini yang tidak memiliki kebiasaan cuci tangan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Harapannya setelah adanya penyuluhan ini, mereka semua memiliki kebiasaan cuci tangan yang baik dan benar,” tuturnya.

“Jadi, penyuluhan yang dilakukan ini mengikuti protokol Kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” terang Kartika.

Sementara itu, Kepala Lingkungan XIII, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Syafri Irwansyah mengucapkan terima kasih kepada YAFSI yang telah memberikan penyuluhan kepada warga khususnya kelompok lansia. Selain itu, menurut Syafri bahwa dengan adanya ini dapat menciptakan lingkungan yang tangguh bencana.

“Dengan sinergitas ini juga diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang tangguh bencana di Kota Medan dan dapat mencegah penyebaran virus Corona,” tambahnya.(Re)