Daya Beli Masyarakat Menurun, UMKM Ikuti Program Subsidi Bunga Permodalan

Pelaku UMKM di Banjarnegara UMKM Ikuti Sosialisasi Program Subsidi Bunga dan Akses Permodalan.(foto/m.anhar)

Reportase.tv,Banjarnegara –  Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif terhadap bidang ekonomi, akibatnya daya beli masyarakat juga turut mengalami penurunan.

Menurunnya daya beli masyarakat juga berimbas pada pelaku UMKM yang pada mengalami penurunan penjualan barang kebutuhan pokok masyarakat, sehingga juga berakibat pada turunnya kemampuan kapasitas biaya produksinya.

Pernyataan tersebut dsampaikan Sekretaris Daerah Banjarnegara Indarto kepada  80 pelaku UMKM saat membuka Sosialisasi Program Subsidi Bunga dan Akses Permodalan UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kabupaten Banjarnegara, Selasa (15/09/2020).

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah telah menerbitkan kebijakan dan program untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui PMK 85/PMK.05/2020 tentang Tata Cara Pemberian Subsidi Bunga/ Subsidi Margin Untuk Kredit  UMKM.

Indarto menambahkan tujuan program PEN sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2020 adalah melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

Untuk mendukung program dan kebijakan PEN tersebut, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Banjarnegara akan melakukan berbagai upaya, diantaranya Melaksanakan sosialisasi kebijakan tentang PMK 85/PMK.05/2020 tentang Tata Cara Pemberian Subsidi Bunga atau Subsidi Margin Untuk Pembiayaan UMKM kepada UMKM, dan Melakukan pendataan bagi pelaku UMKM untuk mengakses bantuan baik finansial maupun paket barang melalui Jaring Pengaman Ekonomi, tahap I dan II.

“Secara bertahap nantinya juga akan dilakukan identifikasi data pelaku UMKM menggunakan aplikasi Sistem Informasi Kredit Program (SIK-P) untuk mendukung akses keuangan perbankan, ” Kata Indarto   dihadapan

Terkait kegiatan membuka Sosialisasi Program Subsidi Bunga atau Margin Sekda Indarto meminta kepada para peserta kegiatan untuk mengikuti dengan seksama dan berpartisipasi aktif  dalam sosialisasi ini.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi upaya pemulihan ekonom di Kabupaten Banjarnegara,” lanjutnya.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian Setda Banjarnegara,  Arif Suhanda mengatakan, maksud dan tujuan Sosialisasi Program Subsidi Bunga atau Margin dan Akses Permodalan UMKM adalah untuk meningkatkan pemahaman informasi dan akses permodalan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Banjarnegara.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan permodalan bagi UMKM di masa pasca Covid-19 guna keberlangsungan usahanya,” kata Arif

Dalam Sosialisasi tersebut, panitia mengundang narasumber Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Purwokerto, Kepala Kanwil Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah dan Pimpinan Bank Jateng Cabang Banjarnegara.<ahr>