Dekan FAI UMP Ujian Disertasi Online

Reportase.tv Purwokerto – Untuk mencegah penyebaran wabah coronavirus disease (Covid-19) Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa melaksanakan ujian perdana disertasi terbuka secara daring atau online.

Dr. Makhful resmi menyandang gelar Doktor dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ia dinyatakan lulus S-3 dengan IPK 3,76 setelah mempresentasikan disertasinya dengan judul “Pendidikan Karakter Religius : Studi Kasus di SMP Negeri 2 dan 8 Purwokerto.” Uniknya Sidang terbuka digelar dengan aplikasi Zoom Meeting atau daring, Kamis, (09/4).

Tim Penguji sidang tersebut yaitu Prof Dr. Tobroni, Prof. Akhsanul In’am, Ph.D, Dr. Abdul Haris, Dr Khozin dan Dr Agus Tinus. Sementara pembimbing Prof Dr Syamsul Arifin, Prof Dr Bambang Widagdo, dan Dr Latipun.

Dalam penelitiannya, Makhful menjelaskan bahwa pendidikan karakter yang sudah ditanamkan oleh putra pendiri bangsa belum disa dikatakan berhasil, ketika masih sering terjadi di lembaga pendidikan kasus kekerasan pendidik kepada siswa, terutama antar pelajar bertindak curang dengan mencontek dan dalam pelaksanaan ujian nasional ditengarai ada guru yang memberikan kunci jawaban.

“Pendidikan karakter religious suatu alternative solusi untuk menjadikan siswa memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan baik,” jelasnya.

Terkait dengan ujian yang dilakukan secara online, Dr Makhful mengaku tidak ada kendala yang berarti dan semua berjalan lancer. “Di balik musibah covid 19 ada sebuah keberkahan ujian terbuka dengan daring,” katanya.

Sementara itu, Rektor UMP Dr Anjar Nugroho mengapresiasi Dr Makhful Dekan Fakultas Agama Islam UMP karena telah melakukan ujian disertasi online.

“Kami sangat berterima kasih kepada UMM karena kebijakan dalam mendukung pencegahan penyebaran covid-19 dengan melakukan ujian disertasi secara online,” ujarnya melalui pesan singkat Whatsapp.

Kondisi saat ini yang kurang mendukung kegiatan akademik berjalan dengan baik karena pencegahan Covid-19 harus disikapi dengan arif. “Alhamdulillah Pak Makhful telah dinyatakan lulus, dan berhak menyandang gelar Dr. Ke-25 Pasca sarjana UMM. Selamat Pak Makhful, selamat FAI, semoga berkah ilmunya dan bisa memotivasi yang belum lulus,” pungkasnya. (Kus)