Dibanding PSBB Total, Jokowi Menilai PSBM Lebih Efektif

Presiden Joko Widodo (foto:Ist)

Reportase.tv, Jakarta – Presiden Joko Widodo menilai Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) lebih efektif diterapkan di masyarakat. PSBM dinilai lebih berdampak langsung untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan juru bicara presiden, Fadjroel Rachman. Menurutnya, wacana PSBM ini telah dibahas Jokowi beserta para ahli yang berkompeten di bidang masing-masing.

“Presiden menekankan, berdasarkan pengalaman empiris dan pendapat ahli sepanjang menangani pandemi covid-19, Pembatasan Sosial Berskala Mikro lebih efektif menerapkan disiplin protokol kesehatan,” ujar Fadjroel dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/9).

PSBM sendiri telah diterapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di sejumlah wilayah yang tingkat persebaran corona-nya tinggi. Langkah ini dinilai cukup berhasil menekan laju persebaran Covid-19.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja memutuskan penerapan kembali PSBB total pada 14 September mendatang. Keputusan ini terkait laju penularan Covid-19 di Ibu Kota yang semakin tinggi.

Menurut Anies rumah sakit rujukan di Jakarta tidak akan sanggup bertahan hingga 17 September 2020. Apalagi hingga saat ini Jakarta menjadi salah satu Provinsi penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia.