Diduga Peras Pedagang, Oknum OKP Ditangkap

Reportase.tv Medan – Satuan Reskrim Polrestabes Medan berhasil meringkus seorang anggota organisasi masyarakat (ormas) karena melakukan pungutan liar terhadap para pedagang kaki lima di Pasar Petisah, Medan.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda melalui Kasat Reskrim, Kompol Fathir Mustafa, Senin (21/11/2022) malam menjelaskan, tersangka berinisial R.

Dalam aksinya, tersangka kerap mengaku sebagai anggota ormas.

“Pelaku ditangkap dari Pasar Petisah pada 16 November 2022, setelah korbannya membuat laporan pengaduan di Polrestabes Medan,” terang Fathir.

Kata Fathir, tersangka sudah lama melakoni aksinya, meminta uang Rp 1 juta kepada pedagang pakaian setiap bulan.

“Praktik pungli ini sudah berjalan sejak lama. Jadi, informasi ini kita dapat untuk menjawab keresahan masyarakat terkait praktik pungli di masyarakat, khusus di Pasar Petisah,” kata Fathir.

Disebutnya, tersangka melakukan pemerasan atau pungutan liar dengan dalih uang lapak jualan dan keamanan pedagang.

Namun, hingga kemarin, baru satu pedagang yang melaporkan aksi tersangka. Penyidik masih mendalami kasus tersebut.

“Korban sudah kita mintai keterangan yang merupakan pedagang kaki lima yang berjualan pakaian. Namun, para pedagang tidak berani melaporkan kepada kepolisian lantaran diduga ada intimidasi dari oknum,” sebutnya.

Fathir mengimbau, kepada para pedagang yang menjadi korban pungli di Pasar Petisah agar mau melapor karena perbuatan pelaku sudah sangat meresahkan. Pelaku serupa diingatkan untuk menghentikan perbuatannya.

“Kami akan hadir untuk memberikan rasa aman pada masyarakat. Kepada para pelaku pungli di luar sana yang masih melakukan seperti ini agar tidak lagi melakukan hal serupa,” tegas Fathir.

Atas perbuatannya, tersangka diganjar pasal 368 KUHPidana tentang pemerasan/pungli dengan ancaman hukuman pidana 9 tahun penjara.