Dindikbud Tangsel Gelar Festival Dongeng Anak di Puspitek

Ratusan anak-anak antusias mengikuti festival dongeng di Puspitek, Serpong, Kota Tangerang Selatan. (Foto:Hm)

Reportase.tv, Tangsel –  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Festival Dongeng di Puspitek, Serpong, Jumat (14/02/20).

Festival dongeng digelar bertujuan untuk terus melestarikan tradisi bercerita, Moms, terutama oleh orang tua bagi anak-anaknya. Ya, dari cerita, kita bisa menyampaikan pesan moral dengan cara yang lebih menyenangkan! Bagaimana tidak, sebab lewat mimik, properti dan suara yang lucu sesuai isi dongeng, bukan tak mungkin anak-anak antusias menyukainya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Taryono, menyampaikan pentingnya edukasi terhadap anak-anak didik untuk mengembangkan dan melestarikan tradisi cerita dan kisah para pahlawan juga kisah-kisah menarik lainnya.

“Manfaat Mendongeng untuk anak, yang pertama merangsang perkembangan kognitif. Untuk dapat memperluas pengenalan objek seorang anak, pada saat mendongeng, gunakan alat peraga misalnya buku bergambar dan lainnya. Yang kedua merangsang perkembangan sosial dan emosional, memperat ikatan anak dan orang tua atau yang mendongeng. Selain itu juga mengembangkan daya imajinasi, meningkatkan keterampilan berbahasa, membangkitkan minat baca dan membuat anak bahagia,” terang Taryono.

Didampingi para guru dan orang tua, ratusan anak-anak yang mengikuti festival dongeng antusias mencermati alur cerita dengan alat peraga. Dari cerita yang disampaikan Dindikbud Tangsel berharap kepada anak-anak bahwa setiap perkataan orang tua pasti memiliki tujuan baik. Serta pesan untuk para orang tua agar selalu mendengar penjelasan dari anak dan meresponnya dengan cara yang lebih baik lagi.

“Kalau dibeberapa wilayah ada kasus kekerasan pelajar, alhamdulillah di Tangsel kondusif. Tentu ini semua kerja keras para guru dan Dinas pendidikan untuk mengedukasi hal-hal yang positif, salah satunya dengan pendekatan kepada anak-anak, baik orang tua, maupun lingkungan dan hari ini kami menggelar festival dongeng yang dihadiri ratusan anak dan pembimbing di Puspitek, Serpong ,” lanjut Taryono. (Ms)