Dinyatakan Lengkap, Polisi Limpahkan Berkas Perkara Kasus John Kei ke Kejati DKI

Reportase.tv, Jakarta – Ditreskrimum Polda Metro Jaya melakukan pelimpahan tahap II kasus penyerangan oleh John Kei dan anak buahnya ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Pelimpahan dilakukan setelah berkas perkara kasus John Kei dan anak buahnya telah lengkap.

Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, total ada tujuh tersangka yang hari ini dilimpahkan berkas perkaranya. Dari tujuh tersangka tersebut, ada nama John Kei.

“Penyerahan tersangka dan barang bukti terkait tujuh tersangka adalah domain fokusnya di TKP pertama yaitu di Kosambi dengan korban inisial EW,” ujar Calvijn di Mapolda Metro Jaya, Senin (19/10).

“Tujuh tersangka ini terdiri lima orang eksekutor dan dua orang mastermind, yakni John Kei dan DF,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Kasipenkum Kejati DKI Jakarta, Nirwan Nawawi mengatakan, usai pelimpahan berkas, mereka akan menjalani perpanjangan masa penahanan. Ketujuh tersangka akan ditahan selama 20 hari di Rutan Polda Metro Jaya.

Dalam 20 hari tersebut, sambung Nirwan, jaksa penuntut umum akan segera menyusun dakwaan. Setelah proses penyusunan dakwaan selesai, maka para tersangka akan masuk ke proses persidangan.

“Jaksa menyusun dakwaan, selanjutnya apabila memang sudah dianggap memenuhi syarat formil dan materil selanjutnya perkara tersebut akan dilimpahkan ke pengadilan,” katanya.

Dalam kasus ini, ketujuh tersangka didakwa Pasal 340 KUHP dan atau 338 KUHP dan atau 170 dan atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 12 tahun 1951.