Disdukcapil Kabupaten Tegal Luncurkan Sistem Pengambilan Nomor Antrian Secara Online

Website Disdukcapil Kabupaten Tegal bisa diakses melalui handphone untuk pengambilan nomor antrian pelayanan. (Foto:Dok)

Reportase.tv, Tegal – Dengan diluncurkannya sistem antrian secara online sejak 20 Juli 2020 kemarin, kini pelayanan yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal semakin memudahkan masyarakat dalam mengurus pemberkasan kependudukan. Saat ditemui, Selasa (21/07/2020) Kepala Disdukcapil Kabupaten Tegal Supriyadi menjelaskan bahwa layanan ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam mengantre dan menghindari terjadinya kerumunan.

Dalam kebijakannya, Disdukcapil hanya membatasi 400 pelayanan dalam sehari. Ini terpaksa dilakukan karena kurangnya petugas pelayanan yang berjaga. Sedangkan masyarakat yang ingin mengurus data kependudukan melebihi jumlah pelayanan yang dibatasi. Oleh karena itu, tidak sedikit masyarakat yang sudah sedari pagi mengantre, namun tidak mendapat nomor antrean.

“Banyak masyarakat yang terkadang mengantre sejak subuh, mereka tentu berharap bisa mendapatkan nomor antrean. Padahal kami sudah sering umumkan bahwa pelayanan kependudukan bisa dilakukan secara online atau melalui Rumah Paten yang ada di kecamatan,” Kata Supriyadi.

Untuk mendaftar antrean online , masyarakat bisa mengaksesnya melalui https://disdukcapil.tegalkab.go.id/pelayanan/antrian. Pendaftar yang sudah masuk melalui alamat diatas, bisa langsung memasukan NIK dan nomor telepon, kemudian pilih loket dan tanggal datang. Selanjutnya, masukkan kode dan klik simpan, setelah proses selesai maka pendaftar akan mendapatkan tanggal dan jam yang akan dilayani. “Jika sudah mendaftar, masyarakat harus datang tepat waktu sesuai dengan tanggal dan jam antrenya. Jika terlambat lebih dari enam puluh menit, maka nomor antrean tersebut dinyatakan sudah tidak berlaku atau tidak datang. ” tegasnya.

Lebih lanjut Supriyadi menjelaskan, bahwa dengan adanya sistem layanan antrean ini, pendaftar yang sebelumnya tidak melakukan pendaftaran online terlebih dahulu, maka tidak akan dilayani. Jika masyarakat masih merasa bingung mengenai tata caranya, maka masyarakat dapat melihat tutorial pelayanan antrean online tersebut melalui kanal youtube Disdukcapil Kabupaten Tegal atau melalui https://s.id/YTdukcapilslawi.“ Jadwal antrean akan dibuka setiap minggunya dengan batas maksimal pendaftaran antrean H-1 dari tanggal yang dipilih, apabila jumlah pendaftar pada suatu tanggal sudah melebihi batas pelayanan, maka otomatis akan ditutup dan tidak dapat diakses lagi, masyarakat dapat memilih tanggal yang lain,” ungkapnya.

Seperti yang dijelaskan, pelayanan kependudukan seperti pendaftaran KTP-el baru, pembuatan KK, KIA, akta kematian, akta kelahiran, perpindahan keluar, kedatangan dan sinkronisasi data pusat juga bisa dilakukan melalui online di https://disdukcapil.tegalkab.go.id/pelayanan/, dimana masyarakat tidak perlu mengantre dan hanya datang ke Disdukcapil ketika berkas yang dibutuhkan sudah jadi dengan membawa data pendukung yang dibutuhkan. Selain itu, pelayanan kependudukan bisa dilakukan juga melalui Rumah Paten yang ada disetiap kecamatan.*