Dosen Unpam Laksanakan PKM Virtual di Ponpes Pendawa

PKM Virtual Dosen Universitas Pamulang

Reportase.tv, Tangsel – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk aktifitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai insan akademis, para dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) di tengah suasana Work from Home (WFH) karena pandemi Covid-19. Penyuluhan dilakukan dengan menggunakan media Zoom di mana subyek pengabdian yakni para santri-santri muda Pondok Pesantren Lembaga Bina Santri Mandiri di Kampung Hambulu, Desa Pondok Udik, Kemang, Bogor.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini mengusung tema Membangun jiwa wirausaha yang kreatif,inovatif dan mandiri diusia muda pada pondok pesantren Lembaga Bina Santri Mandiri. Sasaran kegiatan PKM tersebut ialah Memberikan pemahaman terkait kreatifitas,Inovatif dan mandiri dalam menjalankan wirausaha dan Membuat minat santri-santri untuk menjadi pengusaha.

Hasil survei sebelum melaksanakan Pengabdian masyarakat Santri-santri masih kurang pengetahuan mengenai wirausaha yang kreatif, inovatif dan mandiri agar dapat bersaing dengan kompetitor serta Paradigma pemikiran santri terkait dengan kewirausahaan yang masih harus ditingkatkan sehingga jiwa wirausaha sudah mulai tumbuh di usia muda. Pengabdian Masyarakat dilakukan dengan penekanan pada aspek teoritis maupun praktis, yaitu dengan memberikan sosialisasi konsep dasar kewirausahaan, kemudian bagaimana cara menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang mandiri, kreatif dan inovatif serta pengetahuan apakah tujuan dan manfaat kewirausahaan.

Pelaksanaan kegiatan masyarakat berlangsung selama 3 hari, yakni 28-30 Mei 2020, Yang di Ketuai oleh Bpk Syarifudin, S.E., M.Ak, Wakil ketua Bpk Hari Stiawan, S.E., M.Ak, Bendahara Ibu Siti Mundiroh, SS., M.Ak. Sekertaris Ibu Napisah, S.E., M.Ak dan Narasumber Bpk Syamsul Asmedi, S.E., M.M, M.Ak, serta 5 orang mahasiswa Universitas Pamulang prodi S1 Akuntansi.

Acara di awali dengan Pembacaan Doa berikutnya, acara sambutan dari Ketua Pengabdi yakni Bpk Syarifudin, S.E.,M.Ak, Beliau memaparkan pentingnya sinergi antara civitas akademika dengan masyarakat pada umumnya. Terlebih, pada para Santri-santri muda Pondok Pesantren Lembaga Bina Santri Mandiri Ingin mensuport dan menumbuhkan jiwa wirausaha yang kreatifitas,Inovatif dan mandiri dalam menjalankan wirausaha dan Membuat minat santri-santri untuk menjadi pengusaha.

Sambutan berikutnya datang dari Pengasuh pondok pesantren yaitu bapak KH. Jauhari. Lc .Dalam sambutannya, beliau menekankan sangat singkron nya penyuluhan yang dilakukan dengan kebutuhkan para santri-santri yaitu menumbuhkan jiwa wirausaha yang kreatifitas, inovatif dan mandiri. Agar para santri nantinya dapat bermanfaat untuk orang banyak sesuai sab’da Rasulullah SAW kepada umatnya “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (Hadits Riwayat ath-Thabrani).

Acara inti dan terakhir diisi dengan pemberian materi yang dilakukan oleh Bpk Syamsul Asmedi, S.E.,M.M,.M.Ak yang membantu memotivasi santri-santri dalam hal membangun jiwa wirausaha yang kreatif, inovatif dan mandiri, serta menumbuhkan minat santri-santri untuk menjadi pengusaha dan menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta yang sangat antusias atas materi yang disampaikan.