Dukung Kerja Tenaga Medis, Yayasan Rumah Kita Sumbang Alat Kesehatan ke Pemprov Jatim

Reportase.tv Surabaya – Jumlah ventilator untuk rumah sakit rujukan Covid-19 di Jatim kembali bertambah. Ini setelah Tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim mendapatkan bantuan tiga unit ventilator. Alat bantu pernapasan ini diberikan oleh Yayasan Rumah Kita.

Ventilator sebagai bantu pernapasan ini sangat penting, karena dapat digunakan oleh pasien Covid-19 dengan masalah pernapasan.

“Yayasan rumah kita hadir bersama didukung Sampoerna untuk Indonesia, untuk memberikan motivasi dan semangat bagi para tenaga medis,” kata Direktur Yayasan Rumah Kita, Andrianus saat memberikan tiga unit ventilator di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (21/5/2020).

Harus diakui, lanjut Andrianus, tenaga medis menjadi garda terdepan melawan pandemi Covid-19 dengan berbagai problem yang dihadapi. Seperti, gugurnya para tenaga kesehatan akibat Covid-19.

“Kami bertekad untuk terus menyemangati dengan berbagai upaya salah satunya memberikan dukungan berupa bantuan alat kesehatan di Jatim,” ungkapnya.

Selain ventilator, juga diserahkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat, facesield, masker dan lainnya. Total ada 10 Ventilator yang akan disalurkan ke Pemprov Jatim dan beberapa kota serta kabupaten di Jatim.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, Yayasan Rumah Kita mengambil tema gerak bersama melawan Covid-19.

“Gerak bersama menjadi tema yang baik dalam menangani persoalan Covid yang tidak terlihat bentuk wujudnya. Hal ini hanya bisa ditangani dengan gerak bersama. Bukan digantungkan pada tenaga medis saja, tapi semua elemen harus ikut bergerak bersama. Seperti yang selama ini dikatakan oleh gubernur Jatim yaitu gotong royong melawan covid,” paparnya.

Adrianus menjelaskan, bantuan ini akan dilaksanakan berkelanjutan. Sementara akan fokus pada tenaga medis sebagai garda terdepan.

“Yang kami pikirkan selanjutnya adalah menyiapkan bantuan berupa rapid test dan PCR. Karena hal ini merupakan bagian penting dalam penangan an penyebaran covid-19,” tegasnya.

Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mengucapkan terima kasih atas dukungan 3 Ventilator yang diperbantukan melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim.

Lanjutnya, langkah ini bentuk kegotongroyongan apra dermawan yang diberikan lewat Gugus Tugas Covid-19 Jatim. Selanjutnya, Ventilator ini akan didistribusikan ke rumas sakit rujukan di Jatim yang jumlahnya 99 unit.

“Karena pasti yang sudah mengajukan permohonan sudah lebih banyak. Kemarin kita alhamdulillah mendistribusikan 40 unit dan semuanya bantuan dari para donatur,” kata Khofifah.

“Kalau hari ini tambah 3 saya sih menyerahkan kepada Pak Dokter Joni (Wahyuhadi) sebagai koordinator kuratif, beliau paling tahu peta rumah sakit mana yang membutuhkan,” tandasnya. (Sfy)