Erna Husein Melantik 7 TP PKK Kecamatan di Banyumas

Reportase.tv, Banyumas – Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein melantik tujuh Ketua TP-PKK kecamatan, Rabu (10/06/2020) di Pendopo Sipanji Purwokerto. Pelantikan kali ini berbeda dengan pelantikan-pelantikan TP-PKK sebelumnya, karena hanya menghadirkan Ketua dan Sekretaris TP PKK yang dilantik dan pengurus kabupaten secara terbatas.

Mereka yang dilantik adalah Ny Dwi Setyawardini Oka Yudhistira sebagai Ketua TP-PKK Kecamatan Jatilawang, Ny Umtalifah Edi Paryono sebagai Ketua TP-PKK Kecamatan Purwokerto Barat, Puji Astuti Trisnaningsih Totot Subagyo sebagai Ketua TP-PKK Kecamatan Purwokerto Selatan, Ny Sri Utami Dwi Irawan Sukma sebagai Ketua TP-PKK Kecamatan Kemranjen. Kemudian Ny Retno Setyo Fajarini Kristanto sebagai Ketua TP-PKK Kecamatan Timur, Ny Sri Pujiwiasih Dwi Nur Wijayanto sebagai Ketua TP-PKK Kecamatan Lumbir dan Ny Ika Setyowati Dian Budiarto sebagai Ketua TP-PKK Kecamatan Purwojati.

Ny Erna Husein dalam sambutannya mengatakan bahwa mereka seharusnya dilantik setelah Camat dilantik pada awal Maret lalu. Namun mengingat adanya wabah corona dan adanya larangan dari Gubernur Jawa Tengah dan Ketua TP PKK Jawa Tengah adanya pertemuan fisik, maka pelantikan baru dapat dilaksanakan sekarang, dengan menggunakan standart covid-19. Ia berharap mereka yang dilantik dapat meningkatkan sinergi program PKK di tingkat kecamatan dengan program pemerintah daerah.

“Kader PKK harus mampu bersinergi dengan program pemerintah daerah untuk menyukseskan pembangunan di Kabupaten Banyumas, khsusnya di bidang pemberdayaan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Erna Husein

Erna memahami meski belum dilantik selama ini, mereka telah melaksanakan tugasnya dengan baik berupa kegiatan sosial dalam rangka ikut mensosialisasikan covid-19, berbagi masker dan membantu mengatasi dampak seperti pembagian sembako dan lain sebagainya.

“Saya melihat beberapa contoh penanganan dampak covid-19 dengan jaga tangga seperti sembako cantel maupun sembako berkah telah dilaksanakan di Kecamatan Ajibarang, Purwokerto Selatan dan Sumbang, ini dapat menjadi contoh baik yang perlu ditiru,” katanya.

Erna juga terus berharap agar PKK memiliki peran besar terhadap permasalahan stunting, kesehatan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

“Apalagi saat ini selain corona, demam berdarah juga sedang merebak, maka mari bersama, ajak kader untuk menggiatkan pemberantasan sarang jamuk (PSN) secara rutin, untuk menghindari DB,” pungkasnya. (kus)