Fajar Pujianto, Pimpin Forum TBM Banyumas

Reportase.tv, Purwokerto– Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Banyumas memiliki pemimpin baru. Pemilihan pemimpin FTBM diadakan di Hotel Dominic Purwokerto, dan dibarengi dengan Workshop Penulisan Buku Bacaan Anak, Minggu (26/1).

Fajar akan memimpin taman baca se Kabupaten Banyumas selama 4 tahun ke depan periode 2020-2024. Saat ini jumlah taman baca di Kabupaten Banyumas berjumlah lebih dari 75 TBM yang tersebar di berbagai pelosok.

Dalam pemilihan tersebut, Fajar harus bersaing dengan dengan 3 kandidat lainnya. Adalah Kristianto dari TBM Cahaya Semangat Ajibarang yang memperoleh 4 suara, Kasito dari Jagad Bocah Kedungbanteng dengan 5 suara, Risdianto Hermawan dari TBM Wadas Kelir Purwokerto Selatan yang memperoleh 8 suara. Fajar sendiri mendapatkan 12 suara dari 29 suara sah.

Fajar mengungkapkan jika terpilihnya menjadi ketua adalah hal yang tidak disangka mengingat kandidat ketua merupakan yang terbaik. “Alhamdulillah, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semuanya atas dukungannya. Tidak menyangka sebelumnya, karena para kandidat juga merupakan mereka yang terbaik. Selain itu juga mereka mempunyai program unggulan yang hebat-hebat,” ungkap dia.

Dia menambahkan salah satu program unggulannya adalah bersama-sama anggota lainnya membawa Kabupaten Banyumas menjadi kabupaten wisata literasi. “Selain itu juga merubah sistematika kepengurusan yang lebih baik lagi,” tambahnya.

“Semoga kepengurusan ke depan lebih baik lagi dari sebelumnya. Terima kasih atas dedikasi pengurus sebelumnya yang dipimpin oleh Heru Kurniawan dari Wadas Kelir,” pungkas Any Anggorowati, pegiat literasi dari Griya Baca Jelita Sumpuih.

Fajar mulai aktif di kegiatan literasi sejak tahun 2016 silam dengan mendirikan TBM Anfat yang berada di Desa Babakan Kecamatan Karanglewas. Selain itu pada tahun 2017 mendirikan SKM Indonesia yang saat ini sudah berada di beberapa tempat. (kus)