Fasilitas di Ruang Hemodialisa RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara Bertambah

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menemui salah satu pasien di ruang Hemodialisa RSUD Hj. Anna Lasmanah.(foto/ahr)

Reportase.tv.Banjarnegara – Ruang fasilitas layanan unit cuci darah atau hemodialisa (HD) di RSUD Hj Anna Lasmanah kini terus bertambah.

Fasilitas baru tersebut berupa penambahan 19 bed dan mesin dari semula hanya 10 unit, bertambah 19 bed baru, sehingga kini di instalasi hemodialisa RSUD Banjarnegara memiliki 29 bed.

Penambahan ruang tersebut diresmikan penggunaannya  Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Jumat (27/11/2020) kemarin.

Direktur RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara, dr Erna Astuti, mengatakan,  untuk mencukupi jumlah pasien HD yang ada di Banjarnegara, RSUD terus berupaya meningkatkan layanan hemodialisa, Dari semula 10 bed yang melayani 58 orang, kini bertambah 19 sehingga total ada 29 tempat tidur.

“Pasien yang dilayani saat ini setelah penambahan bed menjadi 73 orang dengan sisa daftar tunggu 99 orang yang secara bertahap akan dimasukkan sebagai pasien berikutnya yang dilayani di RSUD,” katanya kepada Reportase.tv Minggu (29/11/2020).

Erna menambahkan, kini dengan bertambahnya fasilitas di ruang HD, pasien dari Banjarnegara bisa lebih lega karena dengan penambahan bed tersebut  akan mampu meng-cover pasien dari dalam daerah.

Terpisah Bupati Budhi Sarwono, mengatakan, penambahan jumlah bed di unit HD merupakan suatu langkah maju RSUD Hj Anna Lasmanah.

“Jumlah pasien HD di Banjarnegara saat ini terus bertambah, sehingga alat cuci darah memang harus diperbanyak, juga dokter yang menangani. Jadi harus imbang dengan jumlah pasien. Terima kasih RSUD telah bergerak cepat,” ujarnya.

Budhi menjamin untuk mencukupi kebutuhan alat cuci darah dan fasilitas lainnya dalam upaya peningkatan pelayanan yang didambakan masyarakat. Dengan begitu, penderita gangguan ginjal tidak perlu lagi pergi ke rumah sakit di luar kota.

“Jangan sampai masyarakat kecewa. Rumah sakit daerah harus memberikan pelayanan maksimal sehingga meringankan beban masyarakat, dari pada harus menjalani pengobatan di luar kota. Yang kita inginkan tentu saja pasien semakin sedikit, alias masyarakat semakin sehat,” katanya.

Unit Hemodialisa RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara sendiri diresmikan tanggal 31 Agustus 2016. Kini RSUD sudah memiliki 29 bed dan alat cuci darah yang digunakan pada shift pagi dan sore.(anhar)