Fenomena Embun Es di Dieng Banjarnegara, Wisatawan Membludak Hingga 3 Kali Lipat

Fenomena embun es mengundang minat wisatawan hingga naik 3 kali lipat.(foto/m.anhar)

Reportase.tv, Banjarnegara – Sejak adanya Fenomena alam berupa embun es di dataran tinggi Dieng menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Embun es atau salju ternyata menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati dinginnya alam di bawah 0 derajat celcius.

Kepala UPT Dieng, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Sri Utami mengatakan, Sebenarnya obyek wisata Dieng belum resmi dibuka, namun kunjungan wisatawan hari ini naik hingga 3 kali lipat karena adanya fenomena embun es.

Menurutnya   wisatawan yang datang mengaku penasaran dengan munculnya fenomena embun es yang datang setiap tahun di dataran tinggi Dieng.

“Pemkab Banjarnegara rencananya baru akan membuka secara resmi pada awal agustus, hari ini sebenarnya masih dalam tahap simulasi, namun adanya fenomena embun es sejak 4 hari lalu membuat wisatawan yang datang 3 kali lebih banyak,”  katanya kepada reportase.tv Senin (27/7/2020).

Wisatawan Menikmati Fenomena embun es di Dieng(foto/m.anhar)

Pihaknya juga meminta kepada wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan. Disetiap sudut komplek wisata pengelola juga menyiapkan himbauan untuk mematuhi protokol kesehatan serta  menyiapkan tempat cuci tangan di beberapa titik di obyek wisata Dieng.

“Kami juga terus mengingatkan melalui pengeras suara agar terus jaga jarak dan meminta  wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan Kami juga sudah membuat ,” lanjutnya.

Selain mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, pengelola obyek wisata Dieng juga meminta wisatawan untuk menyiapkan jaket dan peralatan lain agar tidak kedinginan, mengingat suhu udara di dataran tinggi Dieng kerap turun hingga minus derajat.

“wisatawan juga harus menyiapkan jaket tebal yang hangat. Karena sekarang ini musim kemarau dan suhu bisa minus. Kaya hari ini, sampai muncul embun es,” tambahnya.

Sri Utami menambahkan, fenomena embun es diperkirakan masih akan terus turun, dan diperkirakan akan mengalami puncaknya pada bulan Agustus.

“Setiap tahun embun es selalu turun di Dieng dan puncaknya kami perkirakan sampai bulan Agustus,” katanya. <ahr>