Ganjar Dukung RSI Banjarnegara Jadi Rumah Sakit Covid

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengunjungi RSI Banjarnegara.(foto/ahr)

Reportase.tv,Banjarnegara – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara menjadi rumah sakit covid. Menurutnya hal tersebut  perlu dilakukan dengan catatan lonjakan covid di Banjarnegara terus meningkat.

Menurutnya, jika dibuat rumah sakit khusus covid maka tenaga kesehatannya justru akan semakin aman. Karena semuanya sudah disiapkan.

“Kita siapkan saja, apa saja yang dibutuhkan. Desain penambahan tempat tidurnya disiapkan, kira kira optimal maksimalnya sampai berapa, nanti dinas kesehatan bisa cover. Kalau tiba-tiba ada kebutuhan untuk pasien banyak kita bisa kalkulasi,” kata Ganjar dalam kunjungannya di RSI Banjarnegara media , Kamis (8/7/2021).

Ganjar juga meminta jika ada rumah sakit khusus maka pasien umumnya bisa disebar ke rumah sakit disekitarnya. Dengan adanya rumah sakit khusus itu, Ganjar berharap tenaga kesehatan, dokter alat dan sarana juga disiapkan.

“Saya minta Kadinkes Banjarnegara juga mempersiapkan rumah sakit khusus sebagai antisipasi jika terjadilonjakan,” lanjut Ganjar

Setelah kunjunganya di RSI, Ganjar melanjutkan kunjungan ke BLK (Balai Latihan Kerja) di Klampok milik provinsi untuk melihat persiapan khusus pasien darurat covid di Banjarnegara yang akan menengok yang mau dipinjam untuk dikhususkan pasien covid.

“Kalau lonjakan tinggi akan dijadikan rumah sakit darurat di Banjarnegara, Banyumas sudah bikin dua. Makanya kita harapkan nanti, setiap kabupaten kota di Jawa Tengah punya satu, kita siapkan fasilitas pendukungnya,” lanjutnya.

Dalam kunjungan tersebut Ganjar juga menanyakan kondisi tenaga kesehatan (nakes) yang kena covid.

Ia menyebut dari data yang ada tenaga kesehatan yang saat ini terkena covid sebanyak 16 orang, dan jika digabungkan dengan tenaga non nakes sekitar 50. Namun saat ini  sebagian besar sudah sembuh dan sudah aktivitas seperti biasa.

Direktur RSI Banjarnegara dr Agus Ujianto SpB dalam kesempatan yang sama mengaku siap menjadi rumah sakit khusus covid jika diperlukan.

“Sudah saya sampaikan, RSI Banjarnegara siap menjadi rumah sakit Covid jika itu diperlukan. Dengan rumah sakit itu aman, tenaga kesehatannya, maupun masyarakatnya karena semuanya pasti,” ujar Agus

Agus menambahkan, meski jadi rumah sakit covid, pelayanan penyakit lain pun tetap ada, hanya saja standarnya kita naikkan.

“Insya Allah RSI siap, dengan sumber daya manusia  yang ada. Meski jadi rumah sakit khusus, pelayan yang lainnya pun tetap ada. Jika tidak ada rumah sakit di Banjarnegara yang mau, dan siap, maka kiita harus siap dan mau., harus ada rumah sikat yang menjadi rumah sakit yang standar,” tambahnya

Ia berpendapat saat ini belum tahu langkah menuju menjadi rumah sakit covid. Butuh kordinasi dengan pemerintah daerah, karena butuh dukungan dan bantuan steakholder yang ada.

“Kita tidak tahu kebijakan yang akan dikeluarkan, secara UMUM siap, kita butuh bantuan pemerintah kabupaten, karena menuju kesana standarnnya tinggi,” katanya.(anhar)