Gedung Tua di Medan Akan di Tata Sebagai Cagar Budaya

Reportase.tv Medan – Penertiban bangunan liar yang ada di sekitaran Gedung Warenhuis di Jalan Hindu, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat tersebut guna melestarikan cagar budaya.

“Jadi, Kawasan ini akan ditata oleh Pemko Medan dan untuk dijadikan bangunan pemerintah dan cagar budaya,” kata Kasatpol PP Pemko Medan, M. Sofyan kepada wartawan usai penertiban, Jumat (13/9).

Sofyan mengungkapkan bahwa untuk menata bangunan tersebut, pihaknya melakukan penertiban bangunan-bangunan liar yang ada disekitaran gedung bersejarah tersebut.

“Untuk menata kota dan melestarikan cagar budaya. Hari ini kita menertibkan bangunan yang berada di dekat cagar budaya seperti bangunan liar yang ada di sekitarnya,” ungkapnya.

Sebelum melakukan penertiban bangunan liar tersebut, pihak Pemko Medan telah menyurati warga yang berada disekitaran Gedung Warenhuis.

“Kita juga sudah lakukan secara persuasif. Jadi, kewajiban pemerintah kota untuk melestarikan gedung bersejarah tersebut,” terang Sofyan.

Terkait keributan yang terjadi saat penertiban tersebut, Sofyan menambahkan bahwa hal tersebut sudah biasa terjadi dalam penertiban.

“Keributan memang biasa terjadi saat penertiban dan petugas juga ada yang terluka dalam penertiban tadi,” tambahnya.

Sebelumnya, dalam penertiban yang dilakukan oleh petugas Satpol PP dibantu dengan pihak kepolisian dan TNI sempat mendapat perlawanan dari warga yang tidak rela tempat tinggal mereka dihancurkan.

Bahkan dalam penertiban tersebut warga yang tidak terima rumah mereka dirobohkan melakukan perlawanan dengan melempar petugas menggunakan air panas, minyak bahkan menyiram petugas dengan air kencing.

Namun, karena jumlah warga yang sedikit dari petugas. Akhirnya mereka hanya bisa melihat rumahnya dirobohkan dengan ekskavator milik Pemko Medan tersebut.(wij)