Geger, Warga Banyumas Temukan Telur Asin yang Diduga Palsu

Reportase.tv, Banyumas – Warga digegerkan dengan beredarnya telur asin yang diduga palsu di pasaran. Belum diketahui motif dari temuan telur asin tersebut, karena sempel telur asin dibawa Dinkes Banyumas untuk dilakukan penelitian.

Telur asin yang diduga palsu ini beredar di wilayah Desa Karangklesem, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Awalnya warga membeli beberapa telur asin di salah satu rumah produksi yang berada di desa tersebut.

Setelah dibawa pulang dan hendak dimakan, warga melihat ada kerjanggalan. Pada bagian putih telur asin berwarna cokelat tua, sedangkan pada bagian kuning telur, terutama bagian tepinya berwarna kehitam-hitaman.

Foto telur asin itu juga ramai beredar di grup WhatsApp dan media sosial.

“Setelah dimasak, ada yang berwarna cokelat muda, ada yang cokelat tua. Bahkan saat telor asin itu dibuka seperti jel, kenyal. Apakah itu telur bikinan atau asli? Uniknya jika dilempar kaya bola cenil, mantul-mantul,” kata Kepala Desa Karangklesem Subagyo saat ditemui, Jumat (7/2).

Subagyo menuturkan, telur tersebut juga memiliki keanehan karena tidak memiliki rongga udara pada bagian dalamnya. Telur pada umumnya memiliki rongga pada bagian dalam.

Menurut Subagyo, telur asin tersebut juga memiliki rasa yang getir. Sedangkan baunya seperti bau telur asin pada umumnya.

“Atas laporan dari warga, kami laporkan temuan tersebut kepada pihak terkait. Sampel sudah diambil petugas dari Puskesmas untuk dicek di laboratorium,” jelas Subagyo. (kus)