Genap 1 Tahun Jatim Asri Terlaksana Sebagai Pilot Project Perempuan Tani HKTI

Giat Jatim Asri di Kabupaten Probolinggo oleh Keponakan Bupati Puput
Giat Jatim Asri di Kabupaten Probolinggo oleh Keponakan Bupati Puput

Reportase.tv Surabaya – Genap satu tahun Perempuan Tani HKTI Jatim sebagai sayap organisasi HKTI pimpinan Moeldoko, telah terbentuk sejak 26 Oktober 2019. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi pengurusnya, diantaranya Ve Priastuti, wakil Ketua PT HKTI Jatim.

“Kita bersyukur, sebagai organisasi sosial, telah satu tahun melaksanakan giat-giat di Jawa Timur. Yang terakhir adalah giat Jatim Asri,” ujar Priastuti.

Jatim Asri memang menjadi salah satu andalan dari Perempuan Tani HKTI di Jatim. Hal ini dijelaskan oleh ketua DPP PT HKTI Jatim, Dr. Lia Istifhama, di tengah giat penanaman hidroponik pada Selasa, 27/10/2020 di Surabaya.

“Jatim Asri adalah giat bahwa kita ingin menunjukkan komitmen nyata spirit agraris di Jawa Timur. Alhamdulillah, hal tersebut telah terlaksana dengan sangat baik. Bahkan, di tingkat kabupaten kota yang terbentuk. Saat ini, telah 5 wilayah terbentuk, yaitu Gresik yang diketuai dokter Nila Hapsari, Kabupaten Probolinggo dokter Mirrah Samiyah, Kabupaten Malang Yuliana Riamah, Kota Batu Mardi Setia Ningsih, dan Kota Malang Jumiati. Semuanya menunjukkan giat sosial yang sangat luar biasa di wilayah masing-masing,” ujar ketua PT HKTI Jatim Lia Istifhama.

Lia menambahkan bahwa dari pengurus Jatim sendiri, secara masing-masing juga menunjukkan giat penguatan agraris, mulai dari penanaman hidroponik, pembibitan lele, pembagian hasil panen, dan sebagainya. bisa disimpulkan, bahwa Jatim asri adalah pilot project kami untuk tahun pertama ini.

Jika Jatim Asri sebagai pilot project yang sudah terlaksana, maka tahun kedua akan lebih difokuskan pada identitas produk pangan lokal yang dikuatkan melalui alat digital.

“Tahun kedua kami, insya Allah lebih terfokus pada identitas produk pangan lokal yang bisa kami kuatkan melalui alat digital. Yang jelas, kami tidak muluk-muluk. Tapi kami berpikir keras bagaimana agar bisa efektif, efisien, dan berbeda dari yang lain. Karena kami ingin memberikan inovasi-inovasi yang terbaik untuk Jawa Timur ke depan. Jawa Timur saat memiliki gubernur perempuan, yaitu Ibu Khofifah, tentu harus menampilkan lebih banyak lagi potensi perempuan, terutama dalam memberikan kontribusi penguatan agraris,” pungkasnya.

Perempuan Tani HKTI sendiri, secara struktural, baru terbentuk pada 2017 dengan Dian Novita Susanto sebagai Ketua Umumnya. (Sfy)