Hadapi Kemarau Panjang, Lazizmu Dan Masjid Ataqwa Bagikan Air Gratis

Reportase.tv Banyumas – Atasi kisis Air Bersih Akibat kemarau panjang, Lazizmu bekerja sama dengan Masjid Ataqwa Ajibarang bagikan air bersih secara gratis. Penyaluran Air di Fokuskan ke sejumlah tempat ibadah seperti, musholla, masjid dan Panti Asuhan, Rabu (16/10/2019).

Dengan menggunakan kendaraan bak terbuka dan dua toren berisi 2000 liter air bersih di bagikan bergilir mulai pagi hingga malam.

Sutrisno Pengurus Panti Asuhan Muhammadiyah Jalan PKU Nomor 7 Ajibarang Menjelaskan, “Total Penghuni Panti Asuhan Ada 90 Orang anak. Untuk kebutuhan air sehari semalam 10 ribu liter.” Jelas sutrisno.

Sebelum kemarau Panti Asuhan menggunakan air dari PDAM. Karena kemarau ini, debitnya berkurang dan air PDAM mengalir kecil bahkan sering macet. Tiga bulan lebih panti menggunakan air dalam kondisi yang tidak lancar, “Saya mengucapakan terima kasih kepada pengurus masjid Ataqwa serta Lazizmu yang telah membagikam air,” kata sutrisno.

Petugas Lazizmu Ismanto menuturkan kepada Reportase.tv, “ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang dilakukam Lazizmu dan Pengurus Masjid Ataqwa Ajibarang. Melihat Kemarau panjang yang sudah lama ini membuat sumber air ini benar-benar tidak ada lagi. Saya sebagai pengurus masjid Ataqwa bersama Lazizmu harus bergerak cepat, minimal bisa mengatasi kelangkaan air bersih,” kata ismanto.

“Langkah ini setidaknya sebagai upaya untuk mengurangi dampak kekeringan yang panjang dan semakin meluas di sejumlah daerah di wilayah Kecamatan Ajibarang. Kekeringan panjang ini menyebabkan beberapa sumur dan sumber air warga di sebagian wilayah di Kecamatan Ajibarang, Banyumas, menjadi kering,” pungkasnya. (Kus/Sfy)