Hari Berkabung Nasional atas Wafatnya Habibie

Reportase.tv Jakarta – Hari Berkabung Nasional ditetapkan pemerintah atas wafatnya Presiden RI ke 3 B.J. Habibie selama 3 hari kedepan. Pernyataan itu sebagaimana tertulis dalam surat yang diedarkan oleh Menteri Sekretaris Negara bernomor : B- 1010M/Sesneg/Set/TU.00/09/2019,

“Untuk memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada putra terbaik bangsa, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie yang telah wafat pada 11 September 2019 di Jakarta,” Demikian kutipan yang tertuang dalam surat yang diteken Mensesneg, Pratikno.

Hari Berkabung Nasional yang ditetapkan mulai 12 sampai 14 September 2019 ini juga meminta agar semua institusi negara mengibarkan bendera setengah tiang.

Sejumlah institusi negara yang diminta mengibarkan bendera setengah tiang, antara lain: Gubernur Bank lndonesia, Menteri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Pimpinan Lembaga Non Struktural, Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Gubernur, Bupati, Walikota, Pimpinan BUMN/BUMD dan Kepala Perwakilan Republik lndonesia di Luar Negeri beserta jajarannya.

Selain itu, Menteri Pratikno juga mengimbau agar semua masyarakat luas Indonesia melakukan hal yang sama.

B.J. Habibie meninggal dunia pada Rabu, 11 September 2019 pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Kabar meninggal ini disampaikan putranya, Thareq Kemal.

Jenazah Habibie dibawa ke rumah duka di kediaman pribadi kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Jenazah rencana akan dimakamkan besok di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (Alf/Sfy)