IMM dan PMII Sholat Ghoib di Depan Mapolda Jatim, Tuntut Penyelesaian Mahasiswa Meninggal Saat Demo Protes RKUHP

Reportase.tv Surabaya – Terkait meninggalnya mahasiswa di Kendari saat demonstrasi memprotes RKUHP, puluhan massa yang tergabung dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Persatuan Mahsiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Surabaya menggelar sholat goib di depan Mapolda Jatim, Senin (30/9/2019).

Aksi sholat gaib ini juga dikuti oleh perwakilan dari Polda Jatim yakni Wakil Direktur Intelijen Keamanan (Wadir Intelkam) Polda Jatim, AKBP Iwan Surya Ananta.

setelah sholat gaib, para mahasiswa merangsek ke dalam Mapolda Jatim untuk menemui Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

“Alhamdulillah hubungan baik selama ini, dengan adanya masalah yang terjadi di Kendari ini bisa dikomunikasikan dengan baik dan kami tadi menerima mereka, dan kami suruh masuk semuanya. Alhamdulillah aspirasi yang disampaikan oleh warga muhammadiyah akan kami tindak lanjuti,” kata Kapolda Luki di Mapolda Jatim.

Selain itu, Luki menjelaskan bahwa saat ini Polri tengah melakukan investiagsi dengan menerjukan beberapa tim yang di pimpin langsung oleh Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto.

“Kami paham betul dengan tuntutan ini, tapi tuntan ini sudah ada tim yang menangani, dimana bapak Kapolri sudah memerintahkan pak Waka Polri untuk melakukan investigasi,” ungkap Luki.

Untuk diketahui, aksi unjuk rasa mahasiswa di kendari memprotes RKUHP pada Kamis (26/9/2019) lalu menewaskan 2 mahasiswa, yaitu Randi (21), mahasiswa semester VII Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari, tewas tertembak peluru tajam di bagian dada sebelah kanan saat berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra), Sedangkan Muh. Yusuf Kardawi meninggal akibat tindakan represif aparat kepolisian. (Sfy)