Info Bagi Pemudik yang Melintas Jalur Pantura Pemalang

foto : dok.istimewa

Reportase.tv Pemalang –Dihimbau kepada pengendara yang ingin mudik melintasi jalur Pantura Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah untuk esktra hati-hati. Pasalnya, masih adanya kerusakan jalan yang cukup menganggu perjalanan anda.

Di jalur Pantura Pemalang banyak ditemukan jalan yang tidak rata, bergelombang parah dan lubang. Jalur bergelombang dan berlubang ini ditemukan di hampir seluruh ruas jalur Pantura Pemalang. Namun ada juga yang telah dibeton hanya beberapa lokasi saja.

Di ruas jalan lingkar luar Pemalang misalnya, jalan bergelombang mudah ditemukan di mana-mana. Bagi pemotor diperlukan eksra hati-hati agar motor tetap terkendali.

Lepas dari jalur lingkar luar Pemalang, masuk jaur Pantura Petarukan hingga Ulujami Pemalang. Di sepanjang jalur ini ada sejumlah ruas jalan yang telah dibeton. Namun banyak dijumpai juga jalan aspal yang patah-patah tidak rata, bahkan bergelombang dan gelombang aspal yang meninggi dibiarkan saja di beberapa titik.

 

Kondisi ini sudah ditemukan beberapa bulan terakhir. Pihak terkait telah melakukan penambalan lubang besar di beberapa titik namun belum juga meratakan jalan aspal yang bergelombang tinggi.

Seorang pengemudi truk ekspedisi, Huadi mengaku sepanjang jalur Pantura yang dilewati hanya Pemalang dan beberapa titik di Batang yang terparah. “Sudah setahunan ini. Sebagai pengguna jalan ya merasa terganggu,” kata huadi dilansir dari detik, Selasa (21/5/2019).

“Mengurangi kecepatan ya jelas. Jalannya ngajak bergoyang. Bisa-bisa as roda patah bila muatannya banyak. Kerap terjadi teman-teman saya,” lanjutnya.

 

Untuk kelancaran dan keselamatan arus mudik dan balik tahun 2019, Polres Pemalanng akan melakukan pemasangan rambu-rambu di sejumlah ruas jalan yang rusak. Selain itu juga akan dilakukan penemptan petugas di titik-titik rawan tersebut.

“Kita himbau agar berhati-hati khususnya roda dua, pada saat melintas pantura (Pemalang) karena jalan yang bergelombang. Kurangin kecepatan,” kata Kasatlantas Polres Pemalang, kata AKP Herdiawan Arifianto.

Herdiawan menegaskan pihaknya segera menempatkan anggota dan memasang rambu-rambu peringatan terkait kondisi jalan bergelombang tersebut.(Re)