Jalan Utama di Banjarnegara di Semprot Disinfektan

Jalan-jalan utama di Banjarnegara di semprot disinfektan, upaya ini terus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di Banjarnegara.(foto/m.anhar)

Reportase.tv.Banjarnegara – Tim gabungan dari Pemkab Banjarnegara, TNI Kodim 0704, Polres Banjarnegara serta organisasi kemasyarakatan, melakukan penyemprotan cairan disinfektan guna pencegahan penyebaran virus corona secara serentak, Selasa (31/3/2020).

Kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut menggunakan kendaraan  water canon milik Polri. Penyemprotan juga melibatkan pasukan pembawa tanki gendong yang menyisir wilayah kota dengan berjalan kaki dan masuk ke gang-gang yang menjadi akses dan aktifitas warga.

Penyemprotan diaali dari komplek Sekretariat Daerah Banjarnegara, Kuliner Banjarnegara, Polres, Samsat, Terminal, Pasar, Alun-alun, RSUD, dan finish di alun-alun Banjarnegara.

Sebelum penyemprotan diawali dengan apel kesiapsiagaan yang dipimpin bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.

“Penyemprotan ini dilakukan di jalan protokol dan sejumlah fasilitas umum, guna mencegah pandemi covid 19,”kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Selasa (31/3/2020)

Selain melakukan penyemprotan, tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, ASN, SAR, BPBD Banjarnegara, Pemuda Pancasila, RAPI, dan unsur lainnya juga menyampaikan himbauan kepada warga untuk mengurangi dampak penularan covid 19 diantaranya dengan tetap berada dirumah, menjaga kebersihan serta menjaga physical distance atau menjaga jarak antar personal.

Sementara ketua tim gugus tugas percepatan penanganan COVID 19 Banjarnegara, Indarto mengatakan, pemerintah daerah telah berkomitmen untuk pencegahan penyebaran virus corona dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum dan tempat-tempat  ibadah.

“Kita mengadakan sosialisasi ke kecamatan dan desa agar nantinya mereka juga bisa melakukan penyemprotan secara mandiri,” jelas  Indarto

Indarto menambahkan, Pemkab terus mengedepankan upaya-upaya kemanusiaan dalam penanganan covid- 19.

Belum lama ini anggota Forkompimda dan Kepala OPD menggalang telah aksi kemanusiaan. Hasilnya digunakan untuk mendukung para tenaga medis dalam penanganan pendegahan covid 19.

“Kita telah mengumpulkan sebanyak 5000 paket  nutiri dan vitamin  dan APD bagi para tenaga medis dan telah didistribusikan pada senin kemarin,” katanya.