Jelang Imlek, Harga Ikan Dewa Tembus Rp 1,5 Juta Perkilo

Reportase.tv, Banyumas – Menjelang perayaan tahun baru imlek 2020, harga ikan dewa tembus Rp 1 – 1,5 juta per kilogramnya. Meski harga ikan ini tergolong mahal, namun tak menyurutkan pembeli.

Ikan tor soro atau yang lebih akrab dengan nama ikan dewa selama ini menjadi salah satu komoditas budidaya perikanan karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Menjelang imlek 2020, ikan yang memiliki nilai ekonomis serta mitos, ikan yang dikembangbiakkan di kolam pembiakan milik Bing Urip Hartoyo warga desa karangtengah, kecamatan Cilongok, Banyumas, banyak diburu untuk dikonsumsi.

Bing Urip Hartoyo mengaku, menjelang imlek seperti saat ini dirinya dapat melayani permintaan ikan dewa sampai ke enam kota besar di Indonesia. Ikan tersebut biasa dikonsumsi oleh warga keturunan Tionghoa, sebagai sajian istimewa dalam merayakan imlek, serta tradisi adat warga Batak.

“Tahun baru imlek 2020, permintaan ikan dewa sangat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Namun setahun terakhir kita mengirimkan bibit-bibit berukuran sedang ke berbagai kota besar di Indonesia. Sehingga di daerah-daerah langsung melayani konsumen,” katanya.

Harga ikan dewa ini terbilang fastastis, menjelang tahun baru imlek harga ikan ini mencapai Rp 1 – 1,5 juta rupiah per kilogramnya. Ikan dewa yang dibudidayakan ini beratnya mencapai 3 hingga 10 kilogram.

“Ikan tor soro atau ikan dewa sendiri dulunya merupakan ikan air tawar asli Indonesia. Ikan ini menjadi santapan para raja-raja pada zaman dahulu,” ujarnya. (kus)