Jelang Natal dan Tahun Baru, Petugas Gabungan Periksa Kelayakan Kendaraan Umum

KARAWANG, REPORTASE.TV – Jelang libur panjang hari raya natal dan tahun baru petugas Satlantas Polres Karawang bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan melakukan pengecekan kendaraan penumpang, seperti bus dan angkutan mini bus lainnya di wilayah Karawang, Selasa (19/12).

Selain memeriksa kendaraan petugas juga memeriksa kesehatan pengemudi bus dan kernetnya.

Satu per satu bus yang melintas di terminal Klari Karawang Jawa Barat langsung dibelokan oleh petugas untuk masuk ke dalam terminal, guna melakukan pengecekan uji kelayakan kendaraan bus tersebut, baik dari kelengkapan surat- surat kendaraan dan kelengkapan keselamatan lainnya saat berkendara.

Pemeriksaan kendaraan ini dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan kendaraan yang dapat menimbulkan korban jiwa baik penumpang maupun pengemudi bus, pemeriksaan angkutan umum seperti bus ini dilakukan dalam rangka menjelang libur panjang perayaan hari natal dan perayaan tahun baru 2018.

Kasat Lantas Polres Karawang AKP Arman Sahti menjelaskan, jika pemeriksaan kendaraan ini meliputi kelengkapan dokumen, surat-surat kendaraan serta kelayakan kendaraan baik dari ban, transmisi, rem dan yang lainnya.

“Kita melakukan pengecekan kendaraan, meliputi administrasi kendaraan seperti SIM, STNK serta Kir-nya kemudian kelayakan jalan bagi angkutan umum bus penumpang yang melewati wilayah Karawang, dan dipastikan dalam rangka libur natal tahun baru kendaraan semua layak untuk beroperasional mengangkut penumpang ke daerah tujuan,” jelas Arman.

Dalam operasi kelayakan kendaraan tersebut, petugas menemukan satu bus yang kondisi remnya tidak berfungsi dengan baik dan beberapa kendaraan yang tak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan,seperti pajak mati dan lainnya.

Selain melakukan pemeriksaan kendaraan, petugas gabungan juga memeriksa kesehatan para pengemudi bus, baik yang akan melakukan perjalanan maupun yang dalam perjalanan. Rencananya pemeriksaan terhadap kendaraan akan terus digelar hingga libur panjang tiba.(Ida)